Pelabuhan dan Bandara Sulut Dijaga Ketat

anggota polisi
Sumber :
  • wordpress.com

VIVAnews - Tahun 2012 tinggal menghitung jam. Setiap warga menanti kemeriahan untuk menyambut tahun baru. Tempat-tempat yang diduga rawan untuk dimasuki teroris telah dijaga ketat oleh aparat keamanan.

Pantauan VIVAnews.com, aparat keamanan terlihat di setiap gereja. "Kami diperintahkan atasan untuk berjaga-jaga di gereja," ujar seorang anggota polisi.

Ketika Daud Yordan Bertemu Pendukung Prabowo Jelang 'Pertarungan' di Senayan

Pengamanan di Bandara Sam Ratulangi diperketat oleh petugas kepolisian Polda Sulut dan Gegana.

"Penjagaan 24 jam di lokasi Bandara Samratulangi Manado, dan beberapa titik di pusat keramaian yang disinyalir rawan dengan tindak kejahatan, tahun 2012 tinggal beberapa jam. Tentunya, sebagai aparat keamanan kami selalu siaga menjaga stabilitas," ujar Kapolda Sulut, Brigjend Carlo Brix Tewu, kepada VIVAnews.com Sabtu 31 Desember 2011.

Penerbangan Bandara Samratulangi hari ini juga mengalami lonjakan dengan total kurang lebih 2.400 penumpang yang berangkat dan sekitar 2.200 penumpang yang masuk.

"Untuk kondisi Bandara Samratulangi kali ini, baik cuaca maupun alat-alat teknis navigasi serta operator  dalam keadaan baik. Bandara Samratulangi, sangat padat dengan kedatangan penumpang dan keberangkatan," ujar Asisten Manajer Komunikasi Penerbangan dan Penerangan Aeronotika PT Angkasa Pura I, Bandara Sam Ratulangi Manado, Zuhron Navani.

Selain itu, kota pelabuhan di Sulawesi Utara, Bitung, penjagaan juga diperketat oleh pihak keamanan Polri dan TNI.

"Selain keamanan dipusat kota, pelabuhan juga kami perketat dan untuk sementara dikarenakan tidak ada lagi aktivitas (libur) akses masuk pelabuhan kami tutup, karena pelabuhan adalah pintu masuk lewat perairan yang paling sensitif dan kami harus jeli memperhatikan keamanan gerbang laut," ujar Kapolres Kota Bitung, AKBP Setake Bayu.

Bayu menambahkan, sejak kemarin sudah melibatkan 2/3 kekuatan. "3 Batalyon siaga sudah kami tempatkan di pusat kota dan di daerah sensitif," ujarnya.

Secara terpisah, Komandan Batalyon Marinir (Danyon) Yon Marhanlah VII, Mayor Apollinaris AW, mengatakan, untuk keamanan menyambut Tahun Baru 2012, di pesisir pantai sudah diperketat dengan pasukan marinir yang terlatih. "Pasukan Marinir sudah siap dan beberapa titik di pusat kota Bitung juga serta pelabuhan, sudah ada marinir yang siaga," ucapnya.

Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Sarundayang, mengharapkan pada malam pergantian tahun masyarakat juga berperan aktif memelihara keamanan di Sulawesi Utara. Masyarakat diminta tidak melakukan hal hal yang memicu terganggunya stabilitas keamanan di daerah.
Laporan: Roger Wenas | Sulawesi Utara

Takut Alquran, Mantan Artis Cilik Ini Akhirnya Putuskan Mualaf
Playlist Live Festival

Festival Musik Playlist: Live On Tour 2024 Siap Digelar di 5 Kota, Ada Musisi Siapa Aja?

Salah satu festival musik yang ditunggu, Playlist Live Festival, akhirnya kembali menggelar rangkaian tur bertajuk Playlist: Live On Tour 2024, yang akan dimulai Juni.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024