Satgas: 45 TKI Batal Dihukum Mati

Mantan Menteri Agama RI Maftuh Basyuni tutup usia.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kinerja Satuan Tugas untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terkena hukuman mati mendapat pujian dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Satgas yang dipimpin oleh Maftuh Basyuni ini melaporkan, sejak Juli-Desember 2011, puluhan tenaga kerja Indonesia (TKI) berhasil diselamatkan dari ancaman hukuman mati.

"Di Arab Saudi, dari sekian banyak yang dibebaskan dari hukuman mati, sebanyak delapan TKI dinyatakan bebas murni, empat TKI dipulangkan ke tanah air, empat TKI menunggu kepulangan, dan empat lainnya dari hukuman mati berubah menjadi hukuman 10 tahun penjara," ujar Menteri Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia usai rapat kabinet terbatas di Istana Negara, Kamis, 5 Januari 2012.

Sementara itu, di Malaysia, sebanyak 14 TKI berhasil diselamatkan satgas dari ancaman mati. Rinciannya adalah sebanyak enam TKI dinyatakan bebas murni, dan delapan TKI divonis penjara dengan waktu bervariasi sesuai tingkat kesalahannya.

Kemudian, di China, 11 TKI dinyatakan bebas dari hukuman mati dan berubah menjadi hukuman seumur hidup. "Kalau di China tidak langsung eksekusi, tapi ada dua tahun masa percobaan. Kalau berkelakuan baik maka bisa diubah hukumannya," kata Djoko.

Demikian juga di Iran, kata Djoko, saat ini telah diupayakan TKI yang terkena ancaman hukuman mati dapat berubah menjadi hukuman seumur hidup. "Satgas ini sangat bermanfaat dan memberikan advokasi luar biasa. Mereka punya tiga tim yang intens menemui pejabat yang bisa memberi perlindungan," kata dia.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Berkat kinerja yang bagus ini, Presiden sudah menyatakan akan memperpanjang masa kerja Satgas ini sampai enam bulan ke depan. (adi)

Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024