Di Jatim, Kekerasan dalam Rumah Tangga Naik

Kampanye Kekerasan Terhadap Perempuan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Sepanjang 2011 terjadi 1.270 kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di 33 kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur. Jumlah itu meningkat 11 persen dari tahun sebelumnya.

"Dibanding 2010, terjadi kenaikan sekitar 11 persen. Itu sesuai data dan laporan yang kami terima," kata Kepala Bidang Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Jatim, Hargandono, 5 Januari 2011.

Lima daerah lain yang belum memberikan laporan yakni Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pamekasan, Kota Surabaya dan Kota Probolinggo. "Kabupaten Nganjuk merupakan daerah dengan kasus KDRT tertinggi, yakni 207 kasus, menyusul Kabupaten Jember sebanyak 76 kasus," ujar Hargandono.

Di Kota Malang tercatat ada 72 kasus, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Tulungagung 65 kasus, Kabupaten Blitar 64 kasus dan 59 kasus terjadi di Kabupaten Jombang.

Hargandono yakin, masih banyak kasus tersebut karena umumnya korban KDRT masih enggan melapor dengan alasan takut. Dari jumlah kekerasan yang terjadi, sekitar 60 persen dialami oleh perempuan, 30 persen anak-anak dan sisanya dialami kaum laki-laki, yakni sekitar 10  persen. (ren)

Laporan Tudji Martudji | Surabaya

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

Partai Nasdem menyatakan akan bergabung dalam koalisi pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah sang ketua umum Surya Paloh bertemu dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024