Walikota Sydney: Tahun Naga, Tahunnya Komodo

Kunjungan Jusuf Kalla ke Pulau Komodo
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVAnews - Tahun 2012 disebut juga dengan Tahun Naga Air, dalam kalender China. Untuk merayakannya, sebuah festival diselenggarakan di Sydney, Australia.

Festival akan digelar mulai 20 Januari 2012. Ada 80 event yang akan diselenggarakan, dari pagelaran musik, film, makanan, dan dan olahraga. Ini akan menjadi festival terbesar tahun baru China di luar Asia.

Yang menarik, dalam parade puncak perayaan yang akan digelar 29 Januari 2012 mendatang, di mana dilakukan karaval penuh warna dengan 3.000 peserta, maskot raksasa Komodo akan disandingkan dengan Panda. Komodo dianggap sebagai perlambang Naga.

Walikota Sydney, Clover Moore mengatakan, pihaknya sengaja menggandeng Kebun Binatang Taronga, untuk meningkatkan kepedulian terhadap nasib Komodo. Apalagi kebun binatang itu juga menjadi rumah bagi Komodo besar, bernama Tuka.

"Kami baru saja dari kebun binatang, melihat naga Komodo yang sedang diberi makan," kata Moore seperti dimuat ABC News, Selasa 10 Januari 2012.

Dia menambahkan, kepedulian manusia, terutama masyarakat Sydney sangat penting untuk menyelamatkan hewan langka ini. "Nasib Komodo terancam, tinggal 3.000 ekor dewasa yang ada di dunia," tambah dia. "Hewan ini memang berasal dari Indonesia, namun ia berkaitan erat dengan kadal lidah biru Australia."

Festival tersebut juga bekerja sama dengan Kota Chengdu, Provinsi Sichuan, di wilayah barat daya China yang terkenal dengan makanan pedasnya yang lezat, juga rumah bagi panda raksasa dan beruang putih. Itulah alasannya mengapa Panda disandingkan dengan Komodo.

Kepedulian terhadap Komodo, di tanah airnya, Indonesia baru mencuat akhir 2011 lalu. Gara-gara kontroversi keikusertaan Taman Nasional Komodo dalam ajang tujuh keajaiban alam dunia, New7Wonders of Nature.

Hewan bernama latin Varanus komodoensis itu sontak jadi bahan pembicaraan dan menghiasi berita utama di media massa. Di tengah tentangan sejumlah pejabat, dukungan untuk Komodo justru mengalir deras.

Strategi Pemerintah Macao Targetkan Kunjungan Turis Asal Indonesia

Kabar terakhir, meski masuk dalam daftar tujuh pemenang sementara, belum ada konfirmasi soal gelar keajaiban dunia bagi Pulau Komodo. Baru Jeju, jagoan Korea Selatan yang sudah terkonfirmasi. 

VIVA Militer: Letjen TNI Saleh Mustafa buka Taekwondo Pangkostrad Cup 2024

Letjen TNI Saleh Mustafa Buka Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024

2000 lebih atlet terlibat dalam kejuaraan Taekwondo Pangkostrad 2024 ini

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024