Siswa SMK Solo Juga Mahir Rakit Netbook

siswa smk
Sumber :

VIVAnews - Selain mampu membuat mobil, siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Surakarta juga bisa merakit netbook dan LCD proyektor. Bahkan, para siswa juga mengerjakan netbook pesanan produsen komputer Indonesia yang bermerek Zyrek.

Berdasarkan pengamatan VIVAnews.com, di basic computer laboratorium milik SMK 2 Surakarta, siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan terlihat tengah sibuk merangkai komponen-komponen netbook yang masih terlisah di papan meja praktik. Hanya dalam waktu 30 menit, uraian komponen  telah menjadi satu unit netbook yang utuh.

Kepala Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK N 2 Surakarta, Wakhid Rusyanto mengatakan pembelajaran perakitan netbook mulai diajarkan kepada siswa kelas X hingga kelas XI. Para siswa diajarkan cara untuk merakit komponen-komponen tersebut menjadi netbook.

"Dari produsen computer memang mengirimkan uraian komponen-komponen. Jadi tidak barang jadi. Tugas siswa adalah merangkainya. Harapannya sisa kelas X nantinya sudah siap menjadi praktisi komputer,kelas XI sudah siap menjadi teknisi jaringan dan kelas XII  sudah bisa menjadi administrator jaringan," kata dia kepada VIVAnews.com, Rabu 11 Januari 2012.

Dijelaskan dia, komponen-komponen komputer yang dirakit meliputi processor Intel Atom N455, hardisk 310 Giga, memori 1 Giga DDR 3. Selain itu juga pemasangan komponen fasilitas tambahan, kamera, wi-fi, dan card reader. "Komponen-komponen itu berasal dari perusahaan netbook merek Mugen dan Zyrek. Awalnya siswa untuk merangkai membutuhkan waktu lebih dari satu jam, tetapi kini hanya 30 menit setiap satu unit netbook," ujar dia.

Menurut Wakhid, kualitas netbook rakitan siswa tersebut tidak kalah bagusnya dengan kualitas netbook merek terkemuka. "Secara kualitas sama karena spesifikasi komponennya juga sama. Ya, karena masyarakat kan lebih memilih membeli brand produk merek terkemuka daripada netbook buatan siswa SMK," ujarnya.

Selama tahun 2011 kemarin, disebutkan Wakhid telah berhasil merangkai netbook sebanyak 1.982 unit. Sedangkan rakitan LCD Proyektor mencapai 414 unit dan PC sebanyak 764 unit. "Netbook, LCD Proyektor dan PC pesanan dari beberapa perusahaan computer seperti Zyrek, Mugen dan Relion," ujarnya.

Salah satu siswa Kelas X, Muhammad Husni Akbar mengakui bangga bisa merakit netbook. Ia pun mengaku tidak begitu mengalami kesulitan selama melakukan perakitan komputer. "Ya pertamanya gugup tetapi sekarang sudah terbiasa," paparnya.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo, umi

Heru Budi Bakal Tertibkan Juru Parkir Liar di Minimarket
Romi Hariyanto Baju Biru Mengembalikan Formulir ke DPW Partai Gerindra Jambi Sebagai Calon Gubernur Jambi 2024-2029

Romi Hariyanto Daftar Cagub Jambi ke Gerindra, Tak Ciut Nyali Lawan Petahana

Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, Romi Hariyanto mantap maju sebagai cagub Jambi di Pilgub Jambi 2024

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024