Ketua DPR Setuju Evaluasi Perda Miras

Minuman alkohol/Ilustrasi.
Sumber :
  • blog.collegebars.net

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie tidak keberatan dengan rencana evaluasi peraturan daerah mengenai minuman keras.

"Tidak ada masalah, yang penting tidak boleh bertentangan dengan UU dan Keputusan Presiden. Dan kalau sudah ada Keppres, kami tinggal melaksanakan," ujar Marzuki di acara peresmian 9 kantor baru Bank Muamalat di Palembang, Kamis 12 Januari 2012.

Dijelaskan Marzuki, UU Miras sudah secara jelas mengatur bahwa minuman keras hanya boleh dijual di hotel-hotel dan tidak diperbolehkan beredar di masyarakat.

"Sekarang ini miras itu tidak boleh di masyarakat. Sudah jelas kok, miras itu hanya boleh di hotel-hotel besar karena, kalau ada tamu asing, sebagai negara terbuka ya kita perbolehkan, tapi kita tidak boleh miras itu ada di masyarakat itu intinya, UU itu sudah jelas kok," tegasnya

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri mengatakan akan melakukan klarifikasi terhadap 351 Perda. Sembilan di antaranya mengatur masalah peredaran miras.

Perda yang dicabut itu di antaranya Perda Kota Tangerang Nomor 7 Tahun 2005 tentang Pelarangan, Pengedaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol. Perda Kota Bandung Nomor 11 Tahun 2010 tentang Pelarangan, Pengawasan, dan Pengendalian Minuman Beralkohol. Serta, Perda Kabupaten Indramayu Nomor 15 Tahun 2006 tentang Larangan Minuman Beralkohol.

Pencabutan sembilan Perda tersebut diklaim sudah sesuai prosedur karena bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi, yaitu Keputusan Presiden. Namun, tidak semua Perda yang mengatur peredaran minuman beralkohol itu dicabut semua isinya, melainkan hanya beberapa poin yang melarang peredaran minuman beralkohol saja. (umi)

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini
Mahalini

Menikah Besok, Keluaraga Rizky Febian Tegaskan Mahalini Sudah Mualaf

Jelang pernikahan keduanya Jumat besok, pihak keluarga Sule melalui Paman Rizky Febian, Deny Uwaw menyebut bahwa Mahalini sudah mualaf.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024