SBY Puji Kawasan Rumah Pangan di Jatim

Presiden SBY di Pacitan, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martudji

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memuji keberadaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Kayen, Pacitan, Jawa Timur. KRPL ini merupakan atas gagasan Kementerian Pertanian.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Menurut SBY, KRPL sangat baik untuk mewujudkan kemandirian pangan dengan menggerakkan kembali budaya menanam di lahan pekarangan. Baik itu di perkotaan, maupun di pedesaan.

"Ini sangat baik, memanfaatkan pekarangan yang ramah lingkungan guna memenuhi kebutuhan pangan dan gizi, serta meningkatkan pendapatan keluarga. Dan, sasaran akhir adalah meningkatnya kesejahteraan melalui partisipasi masyarakat," kata Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat 13 Januari 2012.

Terkait itu, Pemprov Jatim menyatakan telah memulainya pada awal 2011. Saat itu, Gubernur Jatim Soekarwo bersama kepala Badan Litbang Pertanian dan Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian sengaja memilih lokasi guna pengembangan KRPL untuk kemajuan perkembangan pelaksanaan budidaya tanaman.

Soekarwo berharap kegiatan itu bisa menjadi contoh dan diterapkan di wilayah lain. "Intensifikasi pekarangan dalam program semacam ini merupakan pola yang tepat sesuai dengan kondisi sosial ekonomi setempat," kata Soekarwo.

Petani setempat juga merespons dengan baik, terlihat dari peran aktif yang dilakukan. Mulai mempersiapkan lahan pekarangan termasuk perbaikan kandang ternak.

Presiden SBY menilai Desa Kayen telah berhasil menerapkan impian memenuhi kebutuhan pangan dengan memakai pola KRPL. Menurut SBY, program ini bisa dijadikan sebagai program prioritas di setiap rumah tangga.

"KRPL bisa dijadikan program prioritas di setiap rumah tangga, bukan saja di Pacitan, tapi seluruh rumah tangga di Indonesia perlu mencontoh yang sudah dilakukan warga Kayen," katanya.

KRPL, kata SBY, juga bisa dijadikan sebagai gerakan penghematan belanja rumah tangga. Setiap rumah tangga tidak akan merasa risau bila terjadi kenaikan harga pangan atau sayur-sayuran, karena semua sudah tersedia di pekarangan rumah. (Laporan: Tudji Martudji | Surabaya, art)

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti
Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024