Bayi Kembar Dempet Riau Dirujuk ke RSCM

Bayi kembar siam dari pasangan Riswanto dan Parsini di Pekanbaru, Riau
Sumber :
  • VIVAnews/Ali Azumar

VIVAnews - Rumah Sakit Arifin Achmad Pekanbaru, Riau, akan merujuk bayi kembar dempet ke RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. RS Arifin Achmad mengalami keterbatasan peralatan medis untuk menangani lebih lanjut bayi yang menderita conjoined twins type thoraco-omphalopagus itu.

Ketua Tim Dokter RS Arifin Achmad, Dr Tubagus Ondih SpAB mengatakan, rumah sakit sudah melakukan MSCT scan dan Echo Cardio. Dari hasil itu diketahui organ tubuh kedua bayi itu.

"Jadi, tindakan selanjutnya adalah merujuk bayi untuk dirawat dan ditangani lebih baik lagi ke RSCM. Hal ini sudah kami koordinasikan dengan pihak rumah sakit di Jakarta," kata Tubagus Ondih.

Rencananya, bayi kembar siam itu akan dibawa ke Jakarta menggunakan pesawat pada Selasa pekan depan. Namun, mengenai teknisnya belum bisa dijelaskan. Karena hal itu, RS Arifin Achmad akan berkoordinasi dengan penerbangan dan pihak terkait lainnya.

Sementara itu, secara umum kondisi kedua bayi itu cukup baik. Meski keduanya hanya memiliki satu jantung dan satu liver. Namun, bayi perempuan yang belum diberi nama ini lancar buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK).

"Secara umum kondisi kedua bayi itu sehat. Buang air besar dan buang air kecil lancar. Setiap hari diet susu 30 cc per hari. Tapi, untuk bernafas masih menggunakan alat bantu," kata Tubagus.

Sejak Minggu 15 Januari 2012, RS Arifin Achmad merawat bayi kembar siam dari Desa Kuala Gading Kecamatan Batang Cenaku, Indragiri Hulu. Bayi berjenis kelamin perempuan itu lahir dengan kondisi dada dan perut berhimpitan (conjoined twins type thoraco-omphalopagus).

Anak ketiga dari pasangan Riswanto dan Parsini itu lahir berbobot 4,2 kilogram melalui operasi seksio elektif. Untuk melakukan pemisahan, kata Tubagus, biasanya harus dilakukan setelah bayi berumur 6 atau 9 bulan. (art)

Insiden Air Keras Faisal Halim, Pelaku Bisa Dipenjara 20 Tahun dan Hukum Cambuk
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Ganjar Deklarasi Oposisi, Gibran: Enggak Apa-apa

Wakil Presiden (wapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka merespons keputusan calon Presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo yang telah mendeklarasikan menjadi oposi

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024