Jumat, Putusan Final MK Soal Pilkada Aceh

Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf diarak Partai Aceh
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews - Mahkamah Konstitusi akan menggelar putusan akhir Pemilihan Kepala Daerah Aceh pada Jumat, 27 Januari 2012 mendatang. Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengungkapkan bahwa putusan akhir MK nanti menyangkut segala hal yang berkaitan dengan kelangsungan Pilkada Aceh agar terselenggara dengan baik.

"Nanti kita lihatlah hari Jumat. Kami akan memberi putusan akhir pukul dua siang," ujarnya di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2012.

Apakah putusan akhir MK nanti memutuskan Pilkada Aceh diundur? "Oh tidak tahu saya, apakah ada kemungkinan atau tidak, saya belum tahu," kata Mahfud.

Sebelumnya, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan akan memohon kebijaksanaan dari Mahkamah Konstitusi (MK) tentang jadwal pemungutan suara Pilkada Aceh, setelah putusan sela MK memerintahkan KIP Aceh membuka kembali pendaftaran.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

KIP kemudian membuka kembali pendaftaran calon namun mengaku tak sanggup menjalankan putusan MK sebelumnya yang mewajibkan mereka melaksanakan Pilkada Aceh pada 16 Februari 2012.

Ketua Divisi Perencanaan dan Data KIP Aceh Yarwin Adi Dharma mengatakan, putusan MK yang memerintahkan KIP membuka jadwal pendaftaran selama satu minggu membuat KIP Aceh harus menjadwal ulang semua tahapan. Apalagi untuk menverifikasi data dan melakukan tes para kandidat yang baru mendaftar juga membutuhkan waktu yang lebih panjang.

“Kami perlu mengkonsultasikannya kepada MK karena tidak mungkin bagi KIP bisa menjalankan Pilkada pada 16 Februari. Dengan pembukaan kembali pendaftaran, maka harus ada penjadwalan ulang,” katanya di Media Center KIP Aceh, Kamis, 19 Januari 2012. (ren)

Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024