SBY Minta Muhaimin Aktif Tengahi Kasus Buruh

Menakertrans Muhaimin Iskandar Berkunjung ke Redaksi VIVAnews
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memerintahkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan komunikasi dengan perwakilan buruh agar tercapai kesepahaman. Perintah ini menyusul aksi buruh yang semakin besar, sampai memblokir jalan tol.

"Mengenai peristiwa aksi buruh hari ini di Cikarang Bekasi,  Presiden telah memerintahkan Menakertrans agar jajaran Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi segera melakukan komunikasi aktif dengan perwakilan para buruh, sehingga tercapai kesepahaman," kata Julian lewat pesan singkat, Jumat 27 Januari 2012.

Menurut dia, aksi pemblokiran jalan tol bukan keinginan para buruh, namun telah merugikan orang banyak. "Tindakan itu tidak perlu terjadi bilamana komunikasi antarpihak terkait dilakukan dengan baik," ujar Julian.

Menurut dia, Kemenakertrans, meskipun tidak terkait langsung dengan tuntutan para buruh, harus tetap  mengambil inisiatif atau peran dalam memfasilitasi/ menengahi  bilamana terjadi ketegangan atau ketidaksepahaman antara buruh dan perusahaan tempat mereka bekerja. 

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

"Selanjutnya Kemenakertrans menyosialisasikan apa yang telah menjadi capaian kesepahaman para buruh/pekerja dan tempat mereka bekerja, agar masyarakat jelas duduk persoalannya dan langkah solusinya."

Siang ini, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek di KM 24.400 seperti lautan buruh. Ratusan ribu buruh menutup jalan tol dari arah Cikampek dan Jakarta. Kemacetan lebih dari sekitar 12 kilometer. Sadar aksinya mengganggu pengguna jalan, demonstran meminta maaf.

"Kami meminta maaf kepada pemilik kendaraan yang terjebak kemacetan. Sekarang, kalau mau protes jangan ke buruh. Tapi kepada pemerintah dan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia)," kata Koordinator Demonstran Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia, Sasa Syaifuddin, di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jumat 27 Januari 2012.

Menurut Sasa, aksi dilakukan agar pemerintah tidak tutup mata dan berpihak kepada buruh. Buruh, kata dia, sudah tidak percaya lagi kepada Apindo. (umi)

Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024