Pemilihan Ketua MA

Ketua MA: Beli Suara Rp5 M, Itu Bunuh Diri

MA&Kejaksaan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemilihan Ketua Mahkamah Agung (MA) pada 8 Februari 2012 mendatang diwarnai isu suap. Kabar merebak satu suara hakim agung dihargai Rp5 miliar.

Ketua Mahkamah Agung, Harifin Andi Tumpa meminta hakim lain untuk waspada. Menurut Harifin, jika calon kandidat Ketua MA melakukan suap untuk membeli suara hakim, sama artinya dia bunuh diri sendiri dan tidak ada yang akan memilih.

"Tidak ada. Saya tidak bisa menjamin karena itu perbuatan individual, tapi saya tidak yakin itu ada," kata Harifin A Tumpa di Jakarta, Kamis 2 Februari 2012.

Salah satu kandidat yang juga Ketua Bidang Pengawasan MA, Hatta Ali, dituding melakukan politik uang untuk menduduki kursi Ketua MA. Bagi Harifin, tudingan itu karena adanya kepentingan si penuding. "Itu kan karena ada suatu tendensius," kata Harifin.

Hatta Ali sendiri pernah menegaskan bahwa dirinya tidak melakukan lobi-lobi door to door dan politik uang dalam pemilihan ketua Mahkamah Agung yang akan diselenggarakan 8 Februari 2012 mendatang.

"Yang jelas saya tidak melakukan, politik uang juga tidak," kata Hatta Ali usai pembukaan Workshop on Judicial Integrity in Southeast Asia: Integrity-based Judicial Reform di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2012.

Menurut dia, seorang hakim tidak mungkin tergoda oleh politik uang. "Tapi kalau soal duit rasanya tidak ada. Hakim agung itu kan semua tangguh, intelektual, tak mungkin lah mau tergoda," ujar dia.

Bagi Hatta, yang terpilih menjadi Ketua MA ke depan tentu yang terbaik menurut pandangan para hakim agung. Ia juga tidak mau berandai-andai apa yang akan dilakukan jika memang terpilih nantinya. (umi)

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial
Ranty Maria dan Rayn Wijaya

So Sweet! Ranty Maria Dilamar Rayn Wijaya Tepat di Momen Ulang Tahun

Melalui caption dalam unggahannya itu, Ryan mengungkap perasaan senang dan bersyukur lantaran lamarannya itu diterima oleh Ranty Maria.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024