Banjir Cirebon Meluas

Banjir di Cirebon
Sumber :
  • VIVAnews/ Beni (Cirebon)

VIVAnews - Tiga hari diguyur hujan deras, banjir semakin meluas di wilayah Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu 4 Februari 2012. Selain Kota Cirebon, banjir juga melanda di Kabupaten Cirebon. Lima desa di wilayah kabupaten yang terendam air yakni Desa Kalisapu, Desa Wanakaya, Desa Astana Gunung Jati, Desa Jatimerta, dan Desa Handir.

Banjir bandang ini diakibatkan Sungai Condong di Kecamatan Gunung Jati meluap. Ketinggian air terus bertambah hingga mencapai satu meter sejak pukul 01.00 WIB dinihari. Desa Wanakaya yang terparah disapu banjir. Musibah ini merupakan yang terburuk kedua setelah banjir serupa pada 25 Desember 2010 lalu.

Hingga Sabtu sore, air masih menggenangi rumah penduduk dan belum ada aksi tanggap darurat dari pemerintah Kabupaten Cirebon. Padahal ratusan rumah di kelima desa sudah terendam.

"Banjir adalah kali kedua yang terjadi di desa kami pada tahun ini. Sayangnya, Pemkab Cirebon terkesan diam terhadap musibah ini," ujar Wandi warga Desa Kalisapu, Kabupaten Cirebon.

Wali Kota Cirebon Subardi mengaku telah mendirikan posko kesehatan yang dipusatkan di Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi dampak banjir. "Kami juga mendirikan posko kesehatan yang siaga di tiga titik, yakni Puskesmas Kejaksaan, Gunungsari, dan Sukapura," katanya. (kd)

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA
Jakarta Pet Expo (JPE) 2024

Pecinta Hewan Merapat, Jakarta Pet Expo 2024 Akan Hadir di Kemayoran!

Pecinta Hewan Merapat PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024 pada 27-30 November di JIExpo Kemayoran

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024