Aktivitas Naik, Gunung Lokon Bisa Meletus

Gunung Lokon di Tomohon menyemburkan lava pijar
Sumber :
  • Antara/ Jemmy

VIVAnews - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan aktivitas Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkat sejak pukul 14.00 WITA hari ini. Jika peningkatan kegempaan terus berlangsung, potensi munculnya letusan bisa saja terjadi.

"Apabila peningkatan aktivitas kegempaan terus berlangsung maka dapat berpotensi letusan seperti beberapa kejadian 27 Desember 2011 dan 6 Januari 2012," kata Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Kamis 9 Februari 2012.

Menhadapi kemungkinan itu, BNPB beserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut mengaku telah berkoordinasi mengantisipasi letusan Gunung Lokon. BPBD Sulut telah melaporkan peningkatan aktivitas Gunung Lokon kepada Gubernur, dan instansi terkait dan terus memantau di lokasi dengan menurunkan petugas tim reaksi cepat (TRC) BPBD.

Selain itu, BNPB juga telah mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan. Masyarakat juga dihimbau terus waspada dan mempersiapkan segala hal jika ada peningkatan aktivitas Gunung Lokon.

"Kami juga berkoordinasi dengan BPBD Kota Tomohon dan instansi terkait, guna mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. PVMBG juga secara intensif melakukan pengamatan aktivitas Gunung Lokon," dia menjelaskan.

Jawaban Menohok Chandrika Chika saat Hendak Dibawa ke BNN Lido
Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asam lambung adalah kondisi medis yang terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan di bagian dada.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024