Lokon Meletus, Tak Ada Warga yang Diungsikan

Gunung Lokon di Tomohon menyemburkan lava pijar
Sumber :
  • Antara/ Jemmy

VIVAnews - Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara meletus tadi pagi. Sejauh ini, belum ada warga yang diungsikan akibat letusan ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara, Hoyke Makarawun,g menjelaskan daerah yang paling dekat dengan Gunung Lokon adalah Kelurahan Kinilow dan Kinilow I.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

"Warga di dua wilayah ini tetap mematuhi untuk tidak berada di luar radius 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan seperti yang direkomendasikan," kata Hoyke, Jumat 10 Februari 2012.

Saat meletus, gunung menyemburkan abu vulkanik dan menghujani wilayah-wilayah di sekitarnya, termasuk Kota Tomohon. Sejumlah warga mengalami sesak nafas. Oleh karena itu, pemerintah dan instansi terkait menyemprot abu menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Menurut Hoyke, petugas juga membagikan masker untuk meminimalisir merebaknya penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA).

Hingga saat ini, imbuhnya, aktivitas gunung lokon di alat tremor vulkanik berada di angka 10-20 mm. "Yang kami khawatirkan bukan kegempaanya, tapi letusan Lokon."

Gunung Lokon meletus Jumat 10 Februari 2012, pukul 8.20 Wita. Abu letusan Lokon menyembur sekitar 2.000 meter dari kawah Tompaluan, dan menyebar ke wilayah Matani, Tumatangtang, Woloan, Tara Tara, Saronsong, serta Walian di Kota Tomohon.

Berdasarkan pantauan VIVAnews.com, ketebalan abu vulkanik yang ada di pusat Kota Tomohon berkisar 2-3 milimeter. TNI dan Polres Kota Tomohon pun membagikan masker kepada masyarakat.

Ketua Posko PVMBG Pos Pengamatan Gunung Lokon, Farit Rustada Bina melarang warga mendekati Gunung Lokon di radius 2,5 km dari kawah Tompaluan. “Karena gunung masih beraktivitas dan mengeluarkan hembusan,” ujar Farit.

Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024