250 Pilot Dikuliahi Bahaya Narkoba

Pilot
Sumber :

VIVAnews - Sudah empat pilot dicokok karena tertangkap menggunakan narkoba jenis sabu-sabu. Fakta ini membuat ngeri para penumpang pesawat. Menyikapi kasus itu, hari ini, Jumat, 10 Februari 2012, Kementerian Perhubungan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) menatar pilot-pilot makapai komersial tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Sekitar 250 pilot mengikuti acara yang diadakan di Gedung Kementerian Perhubungan.

Sejumlah pejabat BNN memaparkan materi di seputar bahaya penyalahgunaan narkoba serta konsekuensi hukumnya. Tak hanya pilot, kopilot, pramugari, teknisi, dan awak kabin lainnya juga diikutkan dalam acara itu.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Heri Bakti mengatakan sosialisasi dilakukan agar tidak terulang lagi kasus pilot kedapatan nyabu. "Diharapkan dari sosialisasi ini nantinya ada perubahan manajemen, dari safety penerbangan, dalam mengawasi stafnya," kata Heri di Kementerian Perhubungan, Jumat 10 Februari 2012.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub Bambang Supriyadi Ervan mengatakan acara itu merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kesepahaman kerja sama antara Kementrian Perhubungan dan BNN. Paska penangkapan empat pilot terkait kasus narkoba, pihaknya berupaya lebih keras melakukan pencegahan. "Ini merupakan langkah pencegahan," kata Bambang.

Presiden Asosiasi Pilot Garuda (APG) Stephanus mengatakan, harus dievaluasi sumber masalah pilot menggunakan narkoba. "Pemicu untuk menggunakan narkoba bisa jadi karena pola kerja yang tidak benar," katanya.

Namun, apapun alasannya, penggunaan barang haram itu dapat tak ditolerir. "Bagi kami, apapun alasannya harus dihindari. Kami kan committed, keselamatan penerbangan di atas segalanya," ujarnya.

Ngobrol Pakai Realme C65 dalam Keadaan Basah Enggak bikin 'Worry'

Sementara para pilot sedang kuliah, di luar Gedung Kementerian Perhubungan, puluhan orang yang mengatasnamakan diri sebagai "Masyarakat Cinta Perhubungan" menggelar unjuk rasa.

Kasus pilot nyabu terungkap saat BNN membekuk pilot Lion Air berinisial SS. Tak hanya barang bukti sabu seberat 0,4 gram dan alat penghisap, di tubuh pilot itu juga terpapar barang haram.

Kejadian Sabtu 4 Februari 2012 itu bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, aparat juga mencokok pilot berinisial HA. Pertengahan 2011 lalu, dua penerbang, pilot MN dan kopilot HT dibekuk saat pesta sabu. Juga 6 April 2011 lalu seorang pramugari tertangkap tangan menyimpan sabu di pakaian dalam. Semua dari maskapai yang sama. (kd)

Pembalap Pertamina Enduro VR46 Tak Lagi Melihat Marc Marquez Sebagai Alien
Situasi penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta

Libur Panjang Kenaikan Isa Al-Masih, 150 Ribu Penumpang Padati Bandara Soetta

Libur Panjang Kenaikan Isa Al-Masih, 150 Ribu Penumpang Padati Bandara Soetta

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024