Wafatnya Kiai Faqih Kehilangan Besar Bagi NU

Hasyim Muzadi
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Duka mendalam dirasakan mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kiai Haji Hasyim Muzadi, atas wafatnya pengasuh pondok pesantren Langitan, KH Abdullah Faqih. Baginya, KH Abdullah Faqih pinya banyak jasa terhadap NU dan bangsa Indonesia.

"Jasa almarhum untuk NU tidak terukur, terutama dalam menjaga ideologi, manhaj dan keselamatan NU. Allahummaghfir lahu warhamhu waafihi wakfu anhu," kata Hasyim dalam siaran pers yang dikirim Kamis, 1 Maret 2012.

Menurut pengasuh pondok pesantren Al-Hikam Malang dan Depok ini, Kiai Faqih juga berjasa besar dalam kehidupan pribadinya. Sebab, Kiai Faqih banyak memberikan dorongan kepadanya agar konsisten berjuang untuk NU dan bangsa Indonesia.

"Beliau sangat berjasa kepada diri saya dari berbagai doa dan wirid yang beliau berikan guna menjaga konsistensi perjalanan hidup saya," kata Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS) ini.

Lebih lanjut, Kiai kelahiran Bangilan Tuban ini mengatakan, warga NU di seluruh penjuru nusantara atas kepergian Kiai Faqih yang merupakan ulama besar Indonesia.

"Dengan wafatnya almaghfur lahu KH Abdullah Faqih, NU berduka besar. Beliau adalah seorang ulama yang allamah (sarat ilmu) dan selalu menjaga iffah martabat diri sesuai dengan maqomnya," katanya.

Elkan Baggott Dipastikan Tak Gabung Indonesia U-23

Mendidik Masyarakat

Semasa hidup, Kiai Faqih dikenal konsisten dalam berjuang mendidik masyarakat melalui lembaga pendidikan yang diasuhnya. "Keistiqomahan beliau dalam berjuang tidak diragukan lagi. Baik dalam bidang pendidikan maupun kejuangan masyarakat utamanya nahdliyin," katanya.

Seperti diketahui, Kiai Faqih wafat pada Rabu 29 Februari 2012. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman keluarga di desa Widang Tuban, Kamis siang. Selain sebagai pengasuh ponpes Langitan, semasa hidup Kiai Faqih pernah menjabat sebagai Mustasyar (penasehat) PBNU era kepemimpinan KH Hasyim Muzadi. (ren)

Tega! Ayah di Medan Jual Anaknya Usia 11 Bulan Rp 15 Juta di Facebook
Mobil Porsche hantam tembok Markas Samapta Polrestabes Medan.(istimewa/VIVA)

Penampakan Mobil Porsche Hampir Terbalik Usai Hantam Tembok Markas Samapta Polrestabes Medan

Mobil sport Porsche yang dikemudikan pria berinsial ES melaju kencang hingga menghantam tembok markas Samapta Polrestabes Medan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024