ELT Tak Berfungsi, Cessna Sulit Terdeteksi

Pesawat Cessna 172
Sumber :
  • wikimedia

VIVAnews - Tim gabungan polisi, TNI dan SAR Kaltim memfokuskan pencarian pada titik terdeteksi terakhir pesawat PA31 Piper Navajo Chief Tain (sejenis Cessna) dengan nomor registrasi PK-IWH.

Menurut data citra satelit Singapura, pesawat sempat terdeteksi masih bergerak namun bahan bakarnya kritis. "Data satelit Singapura yang diterima bandara kami terjemahkan bahwa data terakhir pesawat dalam kondisi 'critical time'. Bahan bakar yang sudah kritis tapi terus bergerak," ujar Kapolresta Samarinda Kombes Arief Prapto Sanyoto.

Kapolresta yang juga Koordinator Posko Pencarian di Bandara Temindung menyebutkan, berdasarkan data satelit yang telah diterjemahkan itulah tim melakukan pencarian pagi ini.

Posisi pesawat saat terdeteksi berada di sekitar poros Sangatta, Kutai Timur. Prapto menambahkan, posisi pesawat sulit terdeteksi karena tim SAR tak menemukan sinyal Emergency Locator Transmiter (ELT).
Dari laporan yang diterima SAR memang menyebutkan bahwa alat itu tidak berfungsi. Sementara, empat awak yang berada di pesawat adalah pilot Capt Marshal Basir.

Sedangkan tiga orang penumpang adalah Peter John Elliott yang merupakan General Manager Elliot Geophysics International (penyewa pesawat), seorang surveyor Jandri Hendrizal dan pendamping Kementerian Pertahanan RI, Kapten Suyoto.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Polisi berhasil menemukan sejumlah barang bukti dalam dugaan kasus polisi tewas dari Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara Brigadir Ridhal Ali Tomi (RAT).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024