FOTO: Aksi Si Jago Merah di Kompleks Istana Negara

Kebakaran Gedung Sekretariat Negara
Sumber :
  • VIVAnews/ Jihad Akbar

VIVAnews – Siapa sangka, gedung utama Sekretariat Negara yang terletak persis di samping Istana Negara dilanda kebakaran hebat, Kamis sore 21 Maret 2013. Lantai 3 dan 4 gedung itu habis dilalap si jago merah. Kobaran api dan asap hitam membumbung tinggi ke langit di atas pusat kota Jakarta itu.

Lihat foto-foto kebakaran gedung Setneg itu .

Syukurlah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik itu. Sumber api berasal dari lantai tiga gedung Setneg. Lantai tersebut biasa digunakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggelar rapat kabinet bersama menteri-menterinya. Kini lantai itu hancur dan porak-poranda. Kaca-kaca lantai dua pun ikut pecah.

Saat kebakaran terjadi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sedang menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri di gedung yang hanya berlokasi 50 meter dari gedung Setneg yang terbakar. Usai rapat, Presiden dan para menteri pun melihat kebakaran yang menghanguskan dua lantai gedung Setneg itu. Ibu Negara Ani Yudhoyono juga tampak memantau kebakaran itu di lokasi.

Staf Khusus Presiden Bidang Pemerintahan Daerah, Velix Wanggai, mengatakan tidak ada arsip yang terbakar dalam kejadian itu karena lantai tiga gedung Setneg biasanya memang tidak digunakan apabila tidak ada rapat kabinet.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Sementara lantai dua gedung Setneg yang kini ikut berantakan merupakan kantor Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi. Saat kejadian Sudi tidak berada di tempat. Ia pergi ke Bandung sehubungan dengan wafatnya sang kakak.

Setelah 37 mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke gedung Setneg, api pun akhirnya padam. Namun kedatangan pemadam sempat terhambat lalu lintas yang sangat macet di kawasan itu. Gubernur DKI, Joko Widodo, datang ke lokasi kebakaran. Ia berencana mengaudit gedung-gedung yang ada di Jakarta untuk memastikan tingkat keamanannya. (ren)

Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024