VIDEO: Kantor Panwaslu Palopo Dirusak Massa Pendukung Calon Walikota

bentrok timika
Sumber :
  • ANTARA/Spedy Paereng
VIVAnews - Ratusan pendukung pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Palopo, Sulawesi Selatan, Haidir Basir - Thamrin Jufri menyerang dan merusak kantor Panwaslu Palopo. Massa yang marah melempari kantor Panwas dengan batu. Sejumlah kaca dan dinding kantor Panwaslu pecah dan rusak berat.
Indonesia Penyumbang Kasus TBC Terbesar Kedua Setelah India, Miris!

Polisi yang berjaga tak mampu berbuat banyak dan terpaksa membiarkan massa berbuat anarkis untuk menghindari bentrokan. Anggota Panwaslu dan sejumlah pegawai yang berada di dalam kantor dievakuasi oleh Satuan Dalmas Polres Palopo. 
Influencer Cantik Tewas Ditembak Usai Posting Lokasi Makan Siang di Instagram

Prabowo Dikabarkan Ingin Bentuk 40 Kementerian, Gerindra: Bukan Bagi-Bagi Jatah Parpol

Sebelum merusak, ratusan demonstran ini menduduki kantor Panwaslu. Mereka mendesak Panwaslu agar segera memberi surat rekomendasi kepada KPU untuk melangsungkan pemilihan ulang. Mereka juga menuding Pemilukada Walikota sarat dengan politik uang. 

Aksi tersebut dipicu oleh rekapitulasi surat suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang terus dilanjutkan padahal penyelesaian masalah dugaan adanya penggelembungan suara oleh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), belum selesai. 

Demonstran menilai penyelenggara pemilihan walikota Palopo tidak serius menangani masalah ini, yang merugikan kandidat yang mereka dukung.

Dari hasil rekap di tingkat PPS di luar Kecamatan Wara Timur, pasangan Judas Amir - Akhmad Syarifudin meraih 29.281 suara, sementara pasangan Haidir Basir - Thamrin Jufri meraih 29.055 suara. Perbedaan yang sangat tipis inilah yang membuat Pemilukada Kota Palopo diwarnai konflik. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya