Habibie, JK dan Mochtar Riady Dapat Penghargaan Rp3 Miliar

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA/Jessica Helena Wuysang

VIVAnews - Chairman Mayapada Group melalui Tahir Foundation memberikan penghargaan kepada tiga tokoh nasional, yaitu Bacharudin Jusuf Habibie, Muhammad Jusuf Kalla, serta Mochtar Riady. Ketiga tokoh dianggap pantas mendapatkan Lifetime Achievement Awards karena telah memberikan kontribusi terhadap Indonesia. 

Adapun penganugerahan tersebut dibagi berdasarkan beberapa kategori, antara lain bidang birokrasi, bidang philanthropy, serta bidang bisnis.

Mantan Presiden BJ Habibie mendapat penghargaan pada kategori bidang birokrasi, karena telah memberikan terobosan di Indonesia. Dalam sambutannya, pria kelahiran Pare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 mengharapkan agar sumber daya manusia Indonesia unggul untuk menentukan masa depannya.

Dalam kesempatan itu, BJ Habibie beranggapan bahwa dirinya bukanlah birokrat, melainkan ilmuwan. 

"Tapi Tuhan mentakdirkan saya berbeda, dan sayapun menjadi menteri, wakil presiden dan presiden. Padahal awalnya saya hanya ingin membuat pesawat yang berguna bagi bangsa ini," kata Habibie, dalam sambutannya di acara Lifetime Achievement Award di Hotel Shangrilla, Jakarta, Kamis malam, 18 Desember 2013.

Lain halnya dengan Jusuf Kalla. Usai menjabat wakil presiden pada 2004-2009, JK yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia ini mendapatkan penghargaan kategori pekerja sosial, atas kinerja PMI yang terjun langsung dalam kegiatan sosial.

"Modal kerja sosial adalah keikhlasan," kata mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Sedangkan penghargaan dalam kategori dibidang bisnis, dinobatkan kepada pengusaha yang juga menjabat komisaris Group Lippo, Mochtar Riadi. Selain menjadi pengusaha yang handal dalam bidang perbankan, dalam sambutannya, Moctar juga berencana untuk membangun 70 Rumah Sakit di berbagai wilayah Indonesia.

"Saya juga mohon didoakan agar anak-anak saya bisa membangun sekolah di pelosok Indonesia sebanyak 1.000 sekolah," ujar kakek 22 cucu dan 22 cicit itu.

Atas jasa-jasanya, ketiga tokoh tersebut, masing-masing berhak mendapakan uang tunai Rp1 Miliar. Adapun penilain tersebut diberikan oleh dewan juri diantaranya Komaruddin Hidayat, Hidayat Nur Wahid, Dai Bachtiar, Primus Wanulu, dan Chairman Mayapada Group Dato Sri Prof Dr Tahir MBA.