Dua Jenazah Korban AirAsia Teridentifikasi, Satu Kru Pesawat

Petugas SAR Gabungan Evakuasi Jenazah Korban AirAsia Dengan Pakaian Steril
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Kepolisian Daerah Jawa Timur kembali mengidentifikasi dua jenazah korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501.

Kedua jenazah itu masing-masing berjenis kelamin laki-laki atas nama Oscar Desano (27) asal Jakarta dan perempuan bernama Yuni Astutik (40) asal Blitar, Jawa Timur.

"Jenazah berlabel B024, yakni Oscar Desano diidentifikasi primer berdasarkan metode pemeriksaan DNA dengan pembanding DNA ayah dan ibu kandung hasilnya sama atau matching dengan jenazah korban," ujar Kepala DVI Polda Jatim, Kombes Pol Budiyono, di Posko DVI Polda Jatim di Surabaya, Selasa 13 Januari 2015.

Budiyono menjelaskan, sesuai manifes, Oscar tercatat sebagai kru pesawat itu diketahui identitasnya berdasarkan data pemeriksaan gigi yang memiliki kesamaan signifikan antara rontgen gigi dan pemeriksaan gigi jenazah.

Ditambah pemeriksaan sekunder, yakni antropologi, juga terdapat kesamaan jenis kelamin dan usia serta tinggi badan mencapai di atas 180 cm, dengan ras Mongol.

Sementara, jenazah berlabel B039 atas nama Yuni Astutik. Dari data primer terdapat kecocokan pemeriksaan DNA dengan pembanding DNA dua anak kandung identik.

Kemudian diperkuat data pemeriksaan sekunder, yaitu dari temuan medis juga ada kesamaan jenis kelamin, usia dan tinggi badan.

Data pembanding lainnya, yakni dari properti baju sesuai gambar di CCTV yang ditunjukkan keluarga, juga anting korban melekat sama dengan informasi yang disampaikan anak kandung korban.

"Dengan teridentifikasinya dua jenazah ini, sampai hari ini sudah 36 jenazah korban yang terungkap identitasnya, dan 12 jenazah lainnya masih terus dilakukan pemeriksaan mendalam oleh Tim DVI," lanjut Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono.

Awi menegaskan, meski sulit mengungkap melalui sidik jari, namun pemeriksaan data lain tetap menunjang, seperti gigi dan terus dilakukan pendalaman data ante mortem.

"Yang pasti, setiap hari tim melakukan rekonsilisasi untuk mengungkap identitas jenazah lainnya," kata Awi.

Baca juga:



Bidik Wisman, AirAsia Buka Penerbangan Jakarta-Johor Bahru
AirAsia.

Terbang ke Singapura atau Korsel Diskon 50% di Pameran Ini

Akan dibuka rute ke Jepang, India dan Korsel.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2017