Kepala Basarnas Paparkan Fakta Operasi AirAsia pada Keluarga

Operasi Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501
Sumber :
  • Tudji Martudji/Surabaya

VIVAnews - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Soelistyo, menemui keluarga korban pesawat AirAsia QZ8501 di Posko Disaster Victim Identification (DV) Polda Jawa Timur di Surabaya, Selasa, 13 Januari 2015.

Dia didampingi Kepala Polda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Anas Yusuf, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dan sejumlah pejabat lain.

Soelistyo mengatakan telah memaparkan kepada keluarga korban pesawat AirAsia QZ8501 tentang seluruh fakta operasi pencarian pesawat itu. Dia mengajak keluarga korban pesawat itu untuk berpikir tentang hitung-hitungan antara harapan dengan kenyataan.

"Ini agar para keluarga korban paham dan dapat mengerti antara harapan tim dan keluarga, realita yang ada dan kenyataan yang sedang terjadi," kata Soelistyo dalam konferensi pers seusai menemui keluarga korban.

Dia menjelaskan, kedatangannya menemui keluarga korban dalam rangka menepati janji untuk mempresentasikan perkembangan pencarian jenazah korban.

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

"Kami sudah sampaikan kepada keluarga apa-apa saja yang telah dilakukan Basarnas dalam mencari jenazah korban sampai hari ini, dan rencana ke depannya," ujarnya.

Sampai Selasa, 13 Januari 2015, tim SAR telah mengangkat 48 jenazah dari lokasi kecelakaan pesawat di Selat Karimata, Kalimantan Tengah. Sebanyak 36 jenazah yang berhasil diidentifikasi dan sudah diserahkan kepada keluarga, kecuali dua warga negara Korea Selatan, yang masih di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya. Sedangkan 12 jenazah lain masih proses identifikasi.

Baca berita lain:


Terungkap Misteri Jatuhnya AirAsia QZ8501

Badan Pesawat AirAsia Tiba di Jakarta

Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya

CEO AirAsia Group Tony Fernandes diinformasikan menghadiri acara ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2015