KPK Segera Rampungkan Dugaan Korupsi Dua Politisi Demokrat

Kasus Pemerasan Jero Wacik, KPK Periksa Sutan Bhatoegana
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVAnews
Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah
- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera merampungkan kasus dugaan korupsi terkait pembahasan anggaran APBN-P Tahun 2013 di Kementerian ESDM. Pada perkara ini, KPK telah menetapkan satu tersangka, yakni mantan Ketua Komisi VII DPR, Sutan Bhatoegana.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Bambang mengatakan bahwa proses pemberkasan dalam kasus ini sudah hampir beres. "Pemeriksaan terhadap kasus yang menyangkut sprindik awal terhadap saksi-saksi sudah 80-90 persen selesai," kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto di Gedung KPK, Jakarta, kemarin.
Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri


Namun, Bambang mengungkapkan bahwa saat ini penyidik yang menangani perkara itu tengah melakukan konsultasi dengan Jaksa Penuntut Umum, terkait pengembangan kasus.


Menurut Bambang, masih belum ditentukan apakah pengembangan perkara ini akan disatukan dengan perkara awalnya atau dipisahkan.


"Mudah-mudahan satu dua minggu ini akan diputuskan apakah akan dikembangkan


kemudian dirumuskan bersama-sama dakwaannya atau didahulukan proses yang sudah selesai ini," ujar Bambang.


Kasus Jero Wacik

Tidak hanya kasus Sutan Bhatoegana, KPK juga akan segera merampungkan perkara dugaan pemerasan di Kementerian ESDM dengan tersangka mantan Menteri ESDM, Jero Wacik.


Namun, mirip seperti perkara Sutan, kasus ni juga tengah dikonsultasikan dengan Jaksa Penuntut Umum, karena juga tengah dilakukan pengembangan.


"Kasus yang berkaitan sprindik awal, saksi sudah 80-90 persen selesai, tapi harus dikonsultasikan dengan PU apakah informasi yang didapatkan akan dikembangkan lebih lanjut, atau diselesaikan pemeriksaan saksi-saksi dari sprindik yang sudah dikelauarkan oleh KPK," tutur Bambang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya