Badan AirAsia Ditemukan, Asa Keluarga Korban Bertambah

Kesedihan kerabat penumpang pesawat AirAsia QZ8501
Sumber :
  • ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

VIVAcoid – Diserahkannya jenazah Cindy Clarissa Soetjipto menambah deret penumpang pesawat AirAsia QZ8501 asal Malang yang telah dikenali. Hingga kini, dari 36 penumpang asal Malang, empat di antaranya telah dikenali dan diserahkan pada keluarga masing-masing.

Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya

Mereka adalah tiga anggota keluarga Soetjipto, yaitu Rudy Soetjipto (54 tahun), Kevin Alexander Soetjipto (22 tahun) dan Cindy Clarissa Soetjipto (15 tahun), serta Susandhini Liman (38).

Pemerintah Kota Malang berharap pencarian terhadap penumpang lain bisa dilanjutkan dengan ditemukannya bagian badan pesawat.

“Kabarnya sudah ada titik terang badan pesawat ditemukan. Harapannya keluarga lebih bersemangat untuk menemukan jenazah di dalam pesawat,” kata Wali Kota Malang, Mochamad Anton, di persemayaman Jenazah Gotong Royong, Kamis, 15 Januari 2015.

Menurutnya, fokus Pemkot Malang kini adalah untuk membantu memudahkan proses evakuasi dari korban tragedi AirAsia QZ8501. Perwakilan Pemkot, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang berkantor di Rumah Sakit Bayangkara Bhayangkara untuk memberikan pelayanan lebih mudah kepada korban dan tim DVI.

“Tiap hari kami selalu berkomunikasi dengan DVI dan keluarga korban di Surabaya. Untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan keluarga dalam proses evakuasi,” katanya.

Pemkot menyatakan akan mengikuti semua instruksi dari pemerintah. Hingga kini proses evakuasi terus berlangsung dengan dikomando oleh Basarnas. “Harapan kami sama seperti harapan korban, bisa menemukan keluarganya,” katanya.

Terkait klaim asuransi, menurut Wali Kota, Pemkot akan mengikuti instruksi Gubernur Jawa Timur dengan menyerahkan semua urusan klaim asuransi kepada Otoritas Jasa Keuangan. Bukan hanya klaim asuransi, OJK akan mengurus semua kesulitan yang berhubungan dengan keuangan dari korban tragedi AirAsia.

“Asuransi, kita menunggu saja. Sesuai instruksi pak Gubernur ini yang menangani ada OJK. Bukan hanya asuransi saja tapi pengaduan utang piutang, tabungan, deposito dan waris akan dikerjakan oleh OJK,” katanya.

Terdapat 36 penumpang AirAsia QZ8501 yang berasal dari Kota Malang. Pemkot mencatat ada 12 keluarga di antara 36 penumpang itu. Beberapa keluarga berada di pesawat lengkap dengan seluruh keluarga inti mereka. (ren)


Baca berita lain:


Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

Setahun Tragedi AirAsia, Keluarga Belum Menerima Santunan

Dari empat yang jadi korban, tersisa satu lagi belum dapat santunan.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2015