Wapres: Pemerintah Baru Saja Ambil Keputusan Berisiko Tinggi

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin sidang kabinet paripurna
Sumber :
VIVA.co.id
Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti
- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta maaf kepada para hadirin acara jamuan makan malam bersama para pelaku usaha jasa industri keuangan yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan, Jakarta, Jumat 16 Januari 2015.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

Ia mengharapkan para hadirin memaklumi kedatangannya yang terlambat karena harus mendampingi Presiden Joko Widodo dalam proses pengambilan keputusan berisiko tinggi di Istana Negara, Jakarta. Keputusan itu menyangkut penunjukan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Pelaksana Tugas Kepala Polri, menggantikan Jenderal Pol Sutarman yang telah resmi diberhentikan kendati masa pensiunnya masih beberapa bulan lagi.
Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan


"Kenapa telat, karena baru pulang bersama Presiden setelah mengambil keputusan yang begitu banyak variasi risikonya," ujar Kalla.


Ia menyadari keputusan yang diambil bersama presiden itu berisiko menimbulkan perspektif yang beragam di benak masyarakat.


Namun, Kalla menegaskan, bahwa pemerintah siap menanggung segala risiko tersebut. "Risiko politik, risiko hukum, risiko sosial. Malah ada yang berpikir mau
impeach
pemerintah," kata dia.


Ia pun optimistis pemerintah dapat menyelesaiakan segala risiko yang akan dihadapi. "Kami putuskan semua. Nanti lah kami selesaikan risikonya," kata Kalla.


Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Pelaksana Tugas Kepala Kepolisian RI, menggantikan Jenderal Pol Sutarman. Penunjukan itu dilakukan melalui Keputusan Presiden yang diteken oJokowi pada sore tadi.


Jokowi juga menyatakan pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian RI ditunda. Langkah penundaan ini ditempuh Jokowi karena ingin menunggu proses hukum yang harus dijalani Budi Gunawan.


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya