Polemik Kapolri, Politisi PDIP Kecewa dengan Jokowi

Politikus PDIP, Trimedya Panjaitan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Beberapa politisi menyatakan kekecewaannya atas sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penundaaan pelantikan Komjen Polisi Budi Gunawan sebagai Kapolri.  

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang

Salah satu yang kecewa yaitu politisi PDIP, Trimedya Pandjaitan yang merupakan bagian dari pendukung pemerintah. Anggota Fraksi PDIP DPR RI itu mengaku kecewa dengan sikap Jokowi yang menunda pelantikan Budi. Namun, ia berusaha memahami sikap Jokowi.

"Kita merasa kecewa dengan sikap Jokowi, tapi mudah-mudahan sikap yang diambil bisa diterima," kata dia, Minggu, 18 Januari 2015.
Dana Rp11 Ribu Triliun Milik WNI Seliweran di Luar Negeri

Sedangkan politisi PKS, Nasir Djamil, mendesak agar Presiden Joko Widodo berani melantik Komjen Polisi Budi Gunawan.

"Presiden itu bertumpu kepada DPR. DPR saja berani melakukan fit and proper test (kepada Budi). Harusnya Jokowi berani melantik," kata Nasir di Jakarta.

Seperti yang diketahui, Jokowi menunda pelantikan Budi. Padahal, DPR sudah melakukan uji kelayakan kepada Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu serta memberikan lampu hijau kepada mantan Wali Kota Solo agar segera melantiknya.

Dalam rangkaian penunjukan Komjen Polisi Budi Gunawan, Jokowi juga memberhentikan Jenderal Polisi Sutarman sebagai Kapolri meskipun masa pensiun Sutarman jatuh bulan Oktober ini.

Hukuman Khusus Bagi Pembocor Data Peserta Tax Amnesty

Baca juga:

World   Islamic Economic Forum (WIEF)

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia

Jokowi Dorong Pemberdayaan UMKM.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016