KPK Minta Saksi Ahli Budi Gunawan Objektif

Sidang Praperadilan Budi Gunawan Kembali Digelar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id -
Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti
Kuasa hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Catharina Girsang berharap para ahli yang dihadirkan kubu Budi Gunawan dapat memberikan keterangan yang objektif dalam hal gugatan praperadilan ini sesuai dengan keahliannya.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

"Walaupun dihadirkan oleh pemohon, semua saksi ahli harus tetap objektif," kata Catharina di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu, 11 Februari 2015.
Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan


Perbedaan pandangan yang disampaikan ahli di persidangan merupakan suatu hal yang wajar. Menurut dia, perbedaan sudut pandang para ahli ini bisa diamini kebenarannya atau bahkan ditolak.


"Silakan saja berpendapat, hal itu sah-sah saja. Karena ahli hukum atau ahli-ahli lainnya banyak alirannya," terang dia.


Sejauh ini, Catharina menilai, para saksi ahli yang dihadirkan tim kuasa hukum Budi Gunawan masih objektif dalam memberikan kesaksian di sidang praperadilan ini.


"Dalam berpandangan masih objektif, karena memang harus seperti itu, kan mereka sudah di sumpah," ujar Catharina. Dia menambahkan, saksi ahli harus memberikan keterangan objektif agar tidak menambah kekisruhan yang ada.


Seperti diketahui, kuasa hukum Budi Gunawan menghadirkan empat saksi ahli di sidang praperadilan yang digelar di ruang sidang H Oemar Seno Adji, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 11 Januari 2015. Sidang praperadilan ini dipimpin hakim tunggal Sarpin Rizaldi.


Keempat saksi ahli yang dihadirkan adalah, Dr Margarito Kamis, Dosen Hukum Tata Negara Universitas Khairun Ternate, Prof Dr Romly Atmasasmita, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Dr Chaerul Huda Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Prof I Gede Panca Hasnawa, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjajaran.


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya