Ini Menteri-menteri Paling Disorot Negatif Netizen

Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Menteri di Kabinet Kerja mendapat sorotan. Tidak hanya di dunia nyata. Para pembantu Presiden Joko Widodo itu juga mendapat perhatian di media sosial.

Dari seluruh pembantu Presiden, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi menteri yang paling banyak diperbincangkan netizen.

Hal ini terungkap dalam survei PoliticalWave dengan tema 100 Hari Kabinet Kerja di Mata Netizen, di Jakarta, Rabu 11 Februari 2015.

Direktur PoliticalWave Yose Rizal, menjelaskan survei ini dilakukan dari 26 Oktober hingga 27 Januari 2015. Survei dilakukan dengan metode data mining, yang menangkap 1.120.404 data percakapan dari berbagai media online, dengan teknik sampling non probability.

"Susi Pudjiastuti yang paling banyak dibicarakan oleh netizen dengan hasil positif," kata Yose Rizal.

Sementara itu, menteri yang paling banyak mendapat percakapan bersifat negatif yakni, Menko Polhukam, Tedjo Edhy Purdijatno dengan 122.107 percakapan. 

"Hal itu karena pernyataan kontroversialnya yang menyebut rakyat pendukung KPK tidak jelas," kata Yose.

Posisi kedua ditempati Menteri BUMN, Rini Soemarno dengan 91.719 percakapan bersifat negatif. Rini mendapat sentimen negatif karena wacana penjualan gedung BUMN.

Menteri yang mendapat penilaian negatif selanjutnya ditempati Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Menteri asal PDI Perjuangan itu mendapat 83.962 percakapan bersifat negatif. "Karena  kisruh e-KTP dan wacana pengosongan kolom agama," kata Yose.

Yose menilai, sentimen negatif para netizen ini seharusnya bisa menjadi modal bagi para menteri untuk meningkatkan kinerja, dan sebisa mungkin bersentuhan dengan kepentingan rakyat. "Kurangi pernyataan dan kebijakan yang kontraproduktif," kata Yose.

Secara umum, netizen memberi penilaian positif terhadap kinerja menteri-menteri Jokowi. "Netizen menilai masih positif 70 persen dalam tingkat kepercayaan di 100 hari pertama," ujar Yose.

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang

Ade Alfath/Jakarta

World   Islamic Economic Forum (WIEF)

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia

Jokowi Dorong Pemberdayaan UMKM.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016