Anak Sungai Bengawan Solo Meluap Merendam Mojokerto

Desa di Mojokerto, Jawa Timur terendam Banjir
Sumber :
  • TVOne/Handi Firmansyah

VIVA.co.id - Sungai Lamong, yang merupakan anak Sungai Bengawan Solo, sungai terpanjang di Jawa, meluap, setelah curah hujan tinggi sejak kemarin. Luapan air merendam dua desa Mojokerto, Jawa Timur.

Ratusan rumah di dua desa, yakni Desa Banyulegi dan Desa Puloklanting, Kecamatan Dawarblandong, kebanjiran dengan ketinggian air rata-rata satu meter. Banjir paling parah terjadi di Desa Banyulegi, dengan ketinggian air mencapai lebih satu meter.
 
Di tempat-tempat tertentu, ketinggian air setinggi dada orang dewasa. Air tak hanya merendam jalan, namun juga rumah warga.
 
Menurut warga, banjir itu terjadi akibat meluapnya Sungai Lamong, yang berada di perbatasan antara Mojokerto dengan Gresik. Banjir yang melanda desanya sering terjadi, setiap debit air Sungai Lamong meningkat, karena bibir sungai tidak ada tanggul dan sungai mengalami pendangkalan.

Marjuki, Ketua RW di Desa Banyulegi, mengaku telah berkali-kali melaporkan peristiwa itu kepada Pemerintah Kabupaten Mojokerto, namun hingga kini tak pernah ditanggapi.

Akibat banjir itu, aktivitas warga terganggu. Sebagian warga meninggalkan rumah untuk mengungsi ke rumah kerabatnya yang tidak kebanjiran. Warga berharap pemerintah, segera melakukan pengerukan sungai dan membuat tanggul, agar desa mereka tidak lagi kebanjiran.
 
Handi Firmansyah/Mojokerto/asp


Baca berita lain:


Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Terisolir Banjir


Wilayah Depok Ini Banjir Hingga Lutut Orang Dewasa
Sejumlah warga berada di rumahnya yang tergenang banjir di Kampung Mekarsari-Cieunteung, Kabupaten Bandung, Jabar

4.282 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Kabupaten Bandung

BNPB terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk evakuasi korban

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2016