Hujan Deras, Gunungkidul dan Sleman Dilanda Longsor

Longsor Boyilali, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA/ Anis Efizudin

VIVA.co.id - Hujan deras yang melanda Kabupaten Gunungkidul selama beberapa hari terakhir, menyebabkan longsor di sejumlah titik. Beberapa rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan parah akibat kejadian ini.

Di kecamatan Gedangsari, tepatnya di Desa Hargomulyo, sebuah rumah warga atas nama Sutrisno diketahui roboh diterjang material tanah yang berasal dari tebing setinggi 25 meter.

"Kejadian terjadi sekitar pukul 18.00 WIB kemarin sore (Rabu 11 Februari 2015). Tanah dibelakang rumah tiba-tiba bergerak turun," kata Sutrisno, Kamis, 12 Februari 2015.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Istri dan anak Sutrisno masih sempat menyelamatkan diri sesaat sebelum rumahnya runtuh diterjang longsor.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, longsor yang menimpa Kecamatan Gedangsari juga menimpa Dusun Jatirejo, Ngasinan, Pace A, Mangli, Tegalrejo dan Mertelu.

“Di lokasi lain tidak menyebabkan kerusakan parah,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Budhiharjo.

Di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, longsor juga mengancam wilayah ini. Salah seorang korban, Wakiran mengaku longsor yang menimpa kediamannya tersebut terjadi setelah hujan.

Material longsornya berupa batu putih berukuran besar yang lepas dari perbukitan Lemah Bang Gayamharjo yang merupakan kawasan Pegunungan Sewu yang tersambung dengan kawasan Gunungkidul.

"Sebagian batu-batu yang mengelundung, berhenti di dekat dapur," ujarnya.

Ia berharap Pemkab Sleman membantu merelokasi tempat tinggalnya. "Tanahnya ada, cuma dana untuk membangun tidak ada," ujar buruh tebang ini.

Krisis Air Bersih, Warga Gunungkidul Terpaksa Jual Ternak
Air terjun Tiu kelep

Kesaksian Pengunjung Bencana Longsor Air Terjun Sedudo

Tiga orang meninggal dalam bencana itu.

img_title
VIVA.co.id
22 Juli 2015