Polisi Gagalkan Penyelundupan BBM ke Papua Nugini

Ilustrasi jeriken atau penyelundupan BBM
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Patroli Polisi perairan Papua berhasil menggagalkan rencana penyeludupan bahan bakar minyak (BBM) ke Papua Nugini, Rabu, 25 Febuari 2015, di perairan Hamadi Jayapura. BBM jenis premium itu diangkut dengan long boat.

Juru Bicara Polda Papua Kombes Patrige Renwarin mengatakan, puluhan jeriken berisi BBM rencananya hendak diseludupkan ke Papua Nugini.

"Patroli Polisi air memergoki sebuah long boat di perairan Hamadi berisi tiga orang, setelah long boat diperiksa ditemukan puluhan jeriken BBM," terangnya.

Menurutnya, long boat sempat melarikan diri saat dicegat. "Mereka sempat tidak mau berhenti, malah mencoba melarikan diri," ujarnya.

Dari atas long boat, lanjutnya ditemukan 21 jeriken BBM premium sekitar 710 liter yang rencananya akan diselundupkan ke Papua Nugini. "Mereka mengaku mau bawa BBM ke Papua Nugini untuk dijual di sana," ujarnya.

Ketiga pelaku dan long boat yang digunakan kemudian digelandang ke Markas Polda Papua untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tiga pelaku yakni Rodney Nivani alias Rody, Salvator Stali Sakei, dan Paulus Saleh Taudufu, kini sedang dalam pemeriksaan intensif di Markas Polda.

Baca juga:

Cara Pertamina Pastikan SPBU Tidak 'Bermain' Takaran BBM
Ilustrasi kapal laut

Kapal Tanker Penyelundup Minyak Mentah Ditangkap di Natuna

Kapal itu mengangkut 1,115 kiloliter minyak mentah dari Palembang.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016