Jepang Undang Wakil Indonesia Berbagi Penanganan Bencana

Pencarian pesawat AirAsia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
VIVA.co.id
Setahun Sinabung Meletus, BNPB Sudah Kucurkan Rp356,5 Miliar
- Wakil Presiden, Jusuf Kalla, diminta pemerintah Jepang untuk berbagi pengalaman dalam menangani bencana alam, terutama bencana tsunami di Aceh pada 2004.

Sudah Setahun Gunung Sinabung Terus Meletus

Jusuf Kalla sekaligus diminta hadir dalam konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) bidang penanggulangan bencana yang dilaksanakan pada 13 Maret 2015. Konferensi itu digelar berdekatan dengan peringatan empat tahun tsunami di Fukushima, Jepang.
Puluhan Juta Meter Kubik Material Merapi Ancam Warga Yogya


Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Tanazaki Yasuaki, secara khusus menemui Kalla di kantor Wakil Presiden di Jakarta, Senin, 9 Maret 2015. Dia mengundang Kalla untuk menghadiri konferensi tersebut.


Menurut Tanazaki, Kalla memiliki banyak pengalaman dalam penanganan bencana alam, terutama bencana tsunami di Aceh. "Jadi, Wapres orang yang paling cocok sebagai delegasi dari Indonesia untuk mengikuti konferensi ini," katanya.


Dalam konferensi nanti, kata Tanazaki, Indonesia dan Jepang akan bekerja sama berbagi pemikiran mengenai dampak negatif bencana alam, seperti gunung meletus dan tsunami.


"Kami sudah punya kerja sama yang cukup erat dalam hal ini, bagaimana memitigasi dampak letusan gunung berapi di Jawa Tengah. Sekarang saya percaya akan ada banyak ruang kerja sama dua negara," ujarnya.


Sebelumnya, Kalla juga pernah menangani langsung tsunami di Fukushima, Jepang. Dia bahkan langsung menyelamatkan warga negara Indonesia yang terjebak di Fukushima.



Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya