KSAU: Kalau Beli Pesawat Lebih Baik yang Baru

Skadron Jet Tempur F-16 milik AS.
Sumber :
  • REUTERS/USAF/Staff Sgt. Greg L. Davis/Handout/Files
VIVA.co.id
8 Kecelakaan Pesawat Terbesar di Indonesia
- Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Agus Supriatna, menyesalkan insiden terbakarnya pesawat temput F-16 TNI AU. Agus mengatakan, pesawat F-16 yang terbakar itu merupakan pesawat hibah Amerika Serikat yang diproduksi tahun 1980-an.

Pilot Helikopter Angkatan Udara Amerika Tewas Kecelakaan di Kuwait

Pesawat tersebut terbakar sebelum melakukan
Pesawat Lionair Jatuh di Manila, 8 Orang Tewas
take off, Agus menduga mesinnya terbakar sehingga pilot langsung membelokkan pesawat. Karena runway masih cukup, pesawat nahas tersebut akhirnya bisa berhenti.


"Walaupun fuelnya masih banyak, jadi terjadilah kebakaran. Alhamdulillah pilot selamat," kata Agus di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis, 16 Maret 2015.


Insiden kebakaran pesawat F-16 ini, kata Agus, menjadi pengalaman berharga khususnya TNI AU. Apalagi saat insiden ini terjadi pejabat negara dan pejabat TNI tengah berkumpul di Mabes TNI, Cilangkap, untuk menghadiri penyerahan brevet kepada Presiden Joko Widodo.


"Karena itu, teman-teman juga bisa bantu saya dari media, jadi kalau beli pesawat lebih baik yang baru," ujar Agus yang juga mantan penerbang F-16 ini.


Menurut Agus, selama dia menjadi penerbang F-16 pada era 90-an, insiden mesin pesawat terbakar nyaris tidak pernah terjadi. Meski begitu, TNI AU akan tetap melakukan investigasi terkait terbakarnya jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat ini.


"Kita kaji kita akan evaluasi, karena ini pengalaman yang baru pertama juga saya alami terjadi. Saya penerbang F16 juga ini belum pernah terjadi engine fire," kata Agus yang mengaku akan langsung mengecek kondisi pesawat di Lanud Halim Perdanakusumah.


Pemerintah Indonesia telah menerima hibah sebanyak 24 pesawat tempur F-16 C/D Block 25 dari Amerika Serikat pada 2014 lalu. Hibah pesawat tersebut disertai perjanjian kerjasama mengupgrade pesawat-pesawat lawas itu baik dari komputer dan komponen-komponen lain agar kemampuannya setara Block 52.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya