Jokowi: Asia dan Afrika Wajib Wujudkan Palestina Merdeka

Presiden RI Joko Widodo akan menjadi pembicara di pertemuan G7 di Jepang.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo menyatakan, negara-negara Asia dan Afrika berutang tanggung jawab untuk mewujudkan negara Palestina yang merdeka. Selama ini dunia seolah tak berdaya menyaksikan Palestina dijajah Israel.

Diplomat RI Dukung Palestina Lewat Lantunan Jazz

Menurut Presiden, semua negara di dunia, terutama negara-negara Asia dan Afrika, wajib bersama-sama berjuang mewujudkan kemerdekaan Palestina. Negara-negara di Asia dan Afrika tak boleh berpaling dari penderitaan rakyat Palestina.

“Kita harus terus berjuang bersama mereka (Palestina). Kita harus mendukung lahirnya sebuah negara Palestina yang merdeka,” kata Jokowi dalam pidatonya pada Konferensi Tingkat Tinggi Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta, Rabu, 22 April 2015.

Presiden Jokowi dan Presiden Sudan Bicarakan Nasib Palestina

KAA menghasilkan, salah satunya, Deklarasi Palestina atau deklarasi dukungan terhadap kemerdekaan dan kedaulatan Palestina. Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki, berharap dukungan itu tak hanya deklarasi melainkan juga aksi konkret.

Menurut Maliki, Palestina sudah sering mendengar atau menerima dukungan kemerdekaan. Tetapi penjajahan dan pendudukan Israel atas tanah Palestina masih terjadi hingga kini.

JK: Hadapi Konflik Palestina Tak Bisa Sendiri

“Saya sangat ingin melihat, setelah pernyataan dukungan, kita akan mencari jalan keluar untuk menerjemahkan pernyataan itu ke dalam rencana kerja nyata yang membantu Palestina untuk melihat masa depan cerah dan dengan cepat menyelesaikan pendudukan Israel," kata Maliki di Jakarta, Senin, 20 April 2015.

(mus)

Menlu RI, Retno Marsudi, saat melantik Konsul Kehormatan pertama Indonesia di Palestina, Maha Abu-Shusheh, yang berkedudukan di Ramallah pada 13 Maret 2016.

Menlu Lantik Konsul Kehormatan RI Ramallah di Amman

Israel tak izinkan helikopter yang membawa Menlu RI ke Ramallah

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2016