Diduga Korupsi, Bupati Sarmi Papua Diciduk Tim Gabungan

Ilustrasi pelaku kejahatan
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Kejagung Bakal Periksa Jaksa Kejati Jabar
- Tim Kejaksaan Agung menangkap Bupati Sarmi, Papua, Mesak Manibor di kediamannya, di Kota Sarmi Papua, Kamis 14 Mei sekitar pukul 02.30 WIT. Ia ditangkap karena terjerat sejumlah kasus korupsi.

Kejagung Pertanyakan KPK Surat Penggeledahan Kejati Jabar

Juru Bicara Polda Papua, Kombes Patrige Renwarin, membenarkan penangkapan terhadap Bupati Sarmi. Siang ini, yang bersangkutan akan langsung diterbangkan ke Jakarta.

"Betul, Bupati Sarmi ditangkap tim Kejagung. Saat ini sedang dalam perjalanan dari Sarmi menuju Jayapura untuk selanjutnya terbang ke Jakarta," kata Patrige. 
 
Adapun tim yang memimpin penangkapan Bupati Sarmi yaitu, Wadir Reskrimsus Polda Papua AKBP Nurhabri bersama tim dari Kejaksaan Agung RI dan Kejaksaan Tinggi Papua.

Operasi ini dibantu satu pleton anggota Brimob Polda Papua yang berjumlah 25 personel, Reskrimsus Polda Papua yang berjumlah 10 personel dengan menggunakan kendaraan roda empat sebanyak 10 unit.

"Selama penangkapan berlangsung tidak ada perlawanan yang dilakukan oleh Bupati Sarmi ataupun dari pihak lain, dan selama perjalanan menuju Jayapura situasi masih aman dan terkendali," katanya. 

Bupati Sarmi diduga terlibat dalam kasus korupsi pembangunan rumah dinasnya yang menggunakan APBD. Dia juga diduga menyalahgunakan dana bantuan sosial.

Rencananya Bupati akan diterbangkan menuju Jakarta dengan pesawat Garuda pukul 14.00 WIT dengan nomor penerbangan GA 657. (ase)

 
Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016