Pesantren di Tasikmalaya Siap Tampung Pengungsi Rohingya

anak pengungsi rohingya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zulkarnaini Muchtar

VIVA.co.id - Pesantren Cipasung di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, siap menampung para pengungsi Rohingnya. Kesiapan itu diutarakan langsung oleh pimpinan pesantren, Aceng Adang Ruhiyat.

Banjarnegara Kembali Longsor, 158 Jiwa Mengungsi

Aceng, yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mengaku mendapatkan amanah dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menampung sementara para pengungsi Rohingnya.

"Untuk pesantren, saya bisa menampung 50 sampai 100 orang di Cipasung," papar Aceng, di DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu 24 Mei 2015.

Selain di Pesantren Cipasung, Aceng menuturkan, akan melakukan koordinasi dengan para pimpinan pesantren yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, dan juga DPRD, serta pemerintah setempat, guna menampung para pengungsi Rohingnya lainnya.

"Maksimal 500 orang bisa kita sebar," papar dia.

Aceng berharap, para pengungsi Rohingya bisa berbaur dengan para santri, bisa melaksanakan solat berjamaah dan mengaji dengan para santri lainnya.

"Meskipun tidak bawa kitab kuning tapi mereka bisa menjadi pendengar setia," paparnya.

Ia menambahkan, bahwa tujuannya adalah saling menolong dan misi kemanusian itu sendiri. "Jadi harus ada peduli dengan sesama umat manusia itu sendiri," kata dia. (ren)

Presiden Myanmar Htin Kyaw bersama Aung San Suu Kyi

Myanmar Diminta Tak Diskriminatif Terhadap Rohingya

Caranya mengubah secara radikal kebijakan dan praktik kekerasan.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016