Sandi Morse Selamatkan Pendaki Ceko di Gunung Agung

Wisata Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA/ Teresia May

VIVA.co.id - Tim Search and Rescue (SAR) berhasil menemukan sekaligus mengevakuasi dua pendaki asal Republik Ceko yang tersesat saat mendaki Gunung Agung di wilayah Karangasem, Bali.

Balita Ini Sudah Mendaki Sejak Usia 1 Tahun

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, dua orang pendaki itu ditemukan dalam kondisi selamat.

Menurut dia, satu jam setelah mengetahui jika dua turis pendaki itu hilang, pihaknya langsung membentuk tim pencarian. Tiga jam pencarian, tepatnya pukul 20.00 WITA, jejak dua turis itu ditemukan.

Warga Rusia Hilang di Gunung Agung Pas Nyepi

"Pukul 20.00 WITA kita menemukan jejak mereka. Keduanya membakar api unggun dan memberikan sandi morse. Akhirnya kita berkomunikasi dengan sandi morse dari kejauhan," ujarnya, Senin, 25 Mei 2015.

Berkat komunikasi sandi morse itu, tim SAR berhasil menjangkau mereka. Evakuasi pun dilakukan. "Saat kita temukan persediaan bahan makanan mereka sudah habis. Kita temukan mereka di ketinggian 1.794 MDPL. Mereka dalam kondisi baik, tidak ada luka serius," katanya menambahkan.

Mengintip Perjalan Tim Ekspedisi RI ke Aconcagua

"Pukul 03.07 WITA Senin pagi tadi, mereka berhasil di evakuasi ke pos bawah di Dusun Galih, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem."

Dari keterangan awal, dua turis pendaki tersebut ternyata tak menggunakan pemandu saat mendaki Gunung Agung tiga hari lalu.

"Mereka tidak menggunakan jasa pemandu. Mereka juga menempuh jalur yang bukan jalur pendakian. Tidak ada jalur pendakian dari sana (Tulamben, Kecamatan Kubu)," ujar Arimbawa.

Kini, keduanya telah dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan lebih lanjut. "Sesuai SOP kita laporkan hal ini kepada Polsek terdekat, dan memberikan pengobatan kepada dua pendaki itu."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya