Ada Tiga Kategori Ijazah Palsu

Rektor Uniga Abdusy Syakur Amien.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat (Garut)
VIVA.co.id
Gara-gara Produksi Ijazah Palsu, Pria Ini Disangka Teroris
- Rektor Universitas Garut (UNIGA), Jawa Barat, Abdusy Syakur Amien, menyebut ada tiga macam kategori ijazah palsu. Ijazah yang secara fisik merupakan tiruan serupa, asli tapi palsu, ijazah asli namun tak bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Polisi Tangkap Pembuat Ijazah Palsu

Yang dimaksud Abdusy soal ijazah asli tapi palsu adalah tercatat sebagai mahasiswa namun tak melaksanakan perkuliahan.
Polisi Tak Dapat Sidik Dugaan Ijazah Palsu Wali Kota Bekasi


" Ya, memang pengguna ijazah palsu tersebut, kami tidak pungkiri diduga banyak dipergunakan oleh para oknum PNS atau pegawai lainnya di Garut, berbagai cara dilakukan dengan mudah untuk mendapatkan ijazah S1," ujar Abdusy, Sabtu, 30 Mei 2015 digedung UNIGA, Jalan Samarang Garut.


Untuk menghindari penyalahgunaan ijazah, pihak UNIGA, sejak beberapa tahun telah melakukan berbagai upaya untuk memperketat perkuliahan para mahasiswa. Daftar absensi maupun nilai yang diterapkan untuk semua jurusan kepada mahasiswa menjadi sasaran pengetatan.


"Bagi kami, terdapat ketentuan bagi mahasiswa untuk bisa mengikuti tahapan perkuliahan dimulai dari absensi minimal 70%," katanya.


Abdusy menyarankan agar lembaga pemerintahan maupun perusahaan untuk mengakses langsung www.forlap.dikti.go.id guna mengecek kebenaran seseorang di universitas yang bersangkutan. 


"Seperti yang kami kembangkan saat ini, bagi seluruh mahasiswa dari berbagai angkatan bisa dicek secara langsung melalui website."


Abdusy tak menampik pengguna ijazah palsu marak dilakukan oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab. Sebab, untuk memperoleh ijazah Sarjana (S1) bukan hal yang mudah, perlu kerja keras pikiran, tenaga dan biaya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya