Atasi Medan Sulit, Basarnas Beli Helikopter dari Italia

Helikopter Basarnas
Sumber :
  • Augusta Westland

VIVA.co.id - Badan SAR Nasional (Basarnas) kini telah memiliki helikopter canggih yang mampu menerobos daerah terpencil dengan medan sulit.

Tim SAR Temukan 20 Jasad Korban Kapal Karam di Batam

Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo mengatakan, helikopter itu berjenis AW139 buatan Agusta Westland Spa, Milan, Italia.

"Pembelian Helikopter AW139 ini adalah salah satu upaya dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan SAR pada masyarakat. Basarnas terus berkomitmen untuk melaksanakan operasi SAR yang efektif, efisien, cepat, handal, dan aman," ujarnya, Selasa, 9 Juni 2015.

11 Nelayan Hilang di Perairan Pangandaran

Bambang menjelaskan, Basarnas membutuhkan helikopter AW139 karena kebutuhan operasi penyelamatan yang semakin meningkat, terutama untuk operasi SAR di medan atau di daerah yang sulit dijangkau. Dengan adanya helikopter AW139, kekuatan dan kemampuan Basarnas dalam melaksanakan operasi akan semakin meningkat.

"Seiring dengan kebutuhan yang meningkat untuk operasi SAR di medan atau daerah yang sulit dijangkau, maka Basarnas menambah sarana SAR udara untuk mengatasinya," ujarnya menambahkan.

Gelap, Pencarian Korban Kapal Rafelia II Dihentikan

Helikopter AW139 dapat dipergunakan untuk operasi SAR di wilayah pegunungan dengan ketinggian di atas 11.000 feet.

"Dengan adanya helikopter AW139, kekuatan dan kemampuan Basarnas dalam melaksanakan operasi SAR semakin meningkat, sehingga pelayanan SAR kepada masyarakat semakin maksimal."

Sekadar informasi, AW139 merupakan helikopter menengah bermesin ganda yang dilengkapi: rescue hoist, radar, console, serta peralatan SAR lainnya. Helikopter AW139 memiliki bentuk yang besar, dengan kabin serbaguna yang dapat dikonfigurasi dalam berbagai layout, dengan akomodasi untuk operasi FLIR station, perawatan medis, dan persyaratan evakuasi korban.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya