Gunung Karangetang Keluarkan Lava Pijar

Awan panas Gunung Karangetang yang menyapu pemukiman
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari

VIVA.co.id - Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau
Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, kembali mengeluarkan lava
pijar, Jumat 12 Juni 2015.

Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang

Kendati masih status siaga atau level III, warga yang berada di kaki gunung mulai waspada. "Guguran lava pijar sudah sejak dini hari. Dengan jarak luncur sekitar 2 kilometer dari puncak gunung ke arah selatan gunung," kata Pos Pengamatan Gunung Karangetang, Yudi Tatipang, saat dihubungi VIVA.co.id dari Manado, Jumat 12 Juni 2015.

Dia berharap warga mematuhi radius bahaya yang ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan tak mengambil risiko menerobos masuk ke zona tersebut. "Radius bahaya ini ditetapkan agar warga terhindar dari ancaman guguran lava pijar," kata Yudi.

Senada disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sitaro, Bob Wuaten, bahwa guna mengantisipasi hal terburuk bagi warga yang tinggal di kaki Gunung Karangetang, dihimbau tidak berada lagi di radius kurang lebih 1.000 meter dari kaki gunung.

"Luncuran lava pijar hari ini masih terus dipantau dan belum ada warga mengungsi," ujarnya.

Abednego Anthoni, warga Kelurahan Bebali, Kecamatan Siau Timur, menuturkan luncuran lava pijar Gunung Karangetang sejak pagi tapi warga masih beraktivitas seperti biasa. "Kita masih tetap beraktivitas," kata dia.

Erupsi Gamalama Berlanjut, Penumpang Tertahan di Bandara
Penampakan abu vulkanik Gunung Dukono di Halmahera Utara, Maluku Utara, Kamis (11/8/2016). Abu vulkanik menyebabkan 12 desa terpapar.

Erupsi Gunung Dukono, 12 Desa Terpapar Abu Vulkanik

Warga setempat mengeluhkan kekurangan masker pelindung.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016