Gunung Lokon Siaga Erupsi

Gunung Lokon
Sumber :
  • ANTARA/Fiqman Sunandar
VIVA.co.id
Erupsi Gunung Dukono, 12 Desa Terpapar Abu Vulkanik
- Status Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, ditingkatkan statusnya dari waspada menjadi siaga. Peningkatan status ini dilakukan menyusul meningkatnya intensitas kegempaan gunung tersebut.

Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang
Kepala Pos Pengamatan Gunung Lokon, Farid Bina mengatakan, peningkatan status mulai berlaku sejak Selasa lalu, 8 Maret 2016. "Ada peningkatan kegempaan sehingga ditingkatkan status dari waspada ke siaga," ujar Farid saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 10 Maret 2016.

Erupsi Gamalama Berlanjut, Penumpang Tertahan di Bandara
Dia menjelaskan, berdasarkan data intensitas kegempaan gunung Lokon, sewaktu-waktu gunung ini bisa terjadi erupsi atau letusan. "Kami di pos pengamatan masih terus memantau aktivitas salah satu gunung berapi ini," katanya menambahkan.

Berdasarkan tingkat ancaman dalam status siaga, pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi kepada masyarakat. Terutama, mereka yang tinggal di kawasan kaki gunung.

"Juga kepada wisatawan yang mengunjungi Gunung Lokon diharapkan tidak mendekati aktivitas dalam radius 2,5 kilometer dari pusat kegiatan vulkanik di kawah Tompaluan. Karena sewaktu-waktu akan terjadi erupsi," ujarnya.

Farid menambahkan, masyarakat juga perlu mewaspadai adanya banjir lahar yang bisa datang secara tiba-tiba. "Intinya masyarakat harus tetap waspada."

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya