Suhu Panas Ekstrem Landa Kota Medan

Cuaca super panas di Australia
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip

VIVA.co.id - Cuaca ekstrem mulai melanda kota Medan, Sumatera Utara. Tercatat suhu panas di kota Medan mencapai 36 Derajat Celcius. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memperkirakan suhu ekstrem ini masih akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Panas Ekstrem Sempat Terjadi di Malang

"Suhu saat ini sudah masuk kategori ekstrem," ujar staf BMKG, Sari Purba, Senin, 22 Juni 2015.

Dia menjelaskan, suhu ekstrem itu terjadi karena Medan dan wilayah Sumatera secara umumnya sudah memasuki musim kemarau tahap kedua. Akibatnya, suhu permukaan laut meningkat dan memicu kenaikan suhu udara di sekitarnya.

BMKG mengimbau agar warga mengurangi aktivitas di luar rumah. Selain itu warga juga diimbau untuk makan makanan bergizi dan mengkonsumsi banyak air minum saat sahur.

Sebelumnya diberitakan, meningkatnya suhu panas itu juga terjadi di Riau. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pekanbaru, saat ini temperatur maksimal di Riau berkisar antara 31,5C-35,0C.

Jabodetabek Siang Ini Diguyur Hujan Ringan

Jumlah hotspot di Sumatera dilaporkan meningkat. Satelit mendeteksi ada 38 hotspot. Dari jumlah tersebut, sebanyak 20 ada di Riau.

Nyamuk gigit kulit manusia.

Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging

Perubahan iklim memicu perkembangan nyamuk jadi lebih banyak dan kuat

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016