Cuaca Buruk Ganggu Penyeberangan Pangandaran-Nusa Kambangan

Kapal dilarang berlayar karena cuaca buruk
Sumber :
  • VIVAnews/Aceng Mukaram

VIVA.co.id - Cuaca buruk menyebabkan sekitar 20 perahu di Pelabuhan Penyeberangan Majingklak, Pangandaran, Jawa Barat tak beroperasi. Dari data pelabuhan, hanya ada dua sampai tiga perahu yang berani menerjang cuaca buruk dan menyeberang menuju Cilacap, Jawa Tengah.

Cuaca Buruk di Makassar Tiga Penerbangan Dialihkan, Satu Kembali

Cuaca buruk membuat arus di sungai Citanduy menjadi deras sehingga sulit dilalui perahu compreng. Bila ada perahu yang nekat menyeberang menuju Pulau Nusa Kambangan, mereka akan berjalan hati-hati, dan menyusuri sisi sungai agar tidak terbawa arus yang kuat.

Bahkan, tak sedikit perahu yang harus berhenti di tengah perjalanan ketika cuaca buruk datang, dan melanjutkan perjalanan kembali ketika arus sudah lebih tenang.

Dubes AS: Ada yang Keliru Terjemahkan Peringatan Kedubes soal Hujan

"Pelabuhan Penyeberangan Majingklak ini, merupakan akses utama dan terdekat dari Kalipucang, Pangandaran menuju Kecamatan Kampung Laut, Cilacap," ujar Harjo, salah satu nakhoda perahu compreng, Rabu, 17 Februari 2016.

Kini, banyak warga di Kalipucang dan Kampung Laut terpaksa menggunakan jalur darat, karena cuaca buruk dan nakhoda perahu enggan menyeberang. Walaupun hal ini membuat mereka harus berjalan lebih jauh.

Kedubes AS Keluarkan Peringatan Cuaca, Anies: Info BMKG Tidak Viral
 
Laporan: Aditya Tri Wahyudi 
Dermaga pelabuhan Balohan Sabang yang roboh diterjang ombak.

Dermaga Kapal Cepat di Pelabuhan Balohan Sabang Roboh Dihantam Ombak

Itu terjadi karena cuaca buruk disertai angin kencang.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2020