Hujan Deras, Sejumlah Pohon di Jakarta Selatan Tumbang

Pohon tumbang
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad
VIVA.co.id
Jumat Siang, Hujan Disertai Petir Guyur Pendemo 4 November
- Hujan deras disertai angin kencang melanda Jakarta tiga hari belakangan ini. Akibatnya, sejumlah pohon di wilayah Jakarta Selatan tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging

Kepala Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Pemakanan Jakarta Selatan, Winarto, mengatakan akibat hujan deras serta angin kencang membuat s‎ebuah pohon Lamtoro tumbang di Jalan Warung Jati, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin, 25 Januari 2015.
Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan


Petugas Harian Lepas (PHL) Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan langsung mendatangi lokasi pohon tumbang itu. Petugas segera mengevakuasi pohon tersebut.


"Pohon Lamtoro tadi tumbang dekat Polsek Pancoran. Namun, sudah dilakukan penanganan oleh petugas," kata Winarto saat dihubungi
VIVA.co.id.


Kejadian pohon tumbang itu bukan yang pertama di Jakarta Selatan dalam tiga hari belakangan ini. Sebelumnya sebuah pohon Angsana berdiameter 150 senti meter (cm) tumbang di Jalan Manggarai Utara, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu 24 Januari 2016. Pohon itu mengenai sebuah rumah warga.


"Korban hanya satu rumah yang tertimpa. Mereka akan mendapatkan biaya karena telah diasuransikan kalau ada pohon tumbang," ujar Winarto.


Selain itu, pohon tumbang terjadi di bawah Jalan MT. Haryono dekat kawasan Stasiun Cawang, Minggu 24 Januari 2016 malam.


Untuk mengantisipasi musim hujan disertai angin kencang, Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan terus bersiaga. Mereka melakukan antisipasi dengan cara penopingan sejumlah pohon.


"Antisipasi adalah dengan menerjunkan tim berjumlah lima orang di setiap kecamatan untuk melakukan penopingan dan pemotongan pohon," katanya.


Dia menuturkan, titik rawan pohon tumbang merata di sepuluh kecamatan di wilayah Jakarta Selatan. Hal itu lantaran kondisi cuaca hujan deras disertai dengan angin kencang yang sering mengguyur Jakarta beberapa hari belakangan ini.


"Dulu yang rawan hanya di Kecamatan Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama yang banyak pohonnya. Namun kini di setiap kecamatan merata," tuturnya. (ase)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya