Gubernur Jateng: Tak Ada Kenaikan Tarif Angkutan Lebaran

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
VIVA.co.id
Nekat Tak Turunkan Ongkos, Puluhan Bus Ditilang di Blok M
- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengingatkan kepada masyarakat bahwa tak ada kenaikan tarif bus umum selama Ramadhan maupun musim mudik Lebaran. Masyarakat diminta melapor kepada petugas kalau menemukan awak bus yang menaikkan tarif.

Operasional Angkutan Lebaran Ditetapkan, Ini Rinciannya

Gubernur juga mewanti-wanti kepada pengusaha bus maupun awak angkutan umum itu agar tak menaikkan tarif. Berdasarkan peraturan Kementerian Perhubungan, tak ada kenaikan tarif pada momentum mudik Lebaran tahun 2015. Tarif tetap sama sebagaimana hari-hari biasa dengan batas atas Rp168 per kilometer per penumpang. Sedangkan tarif bus nonekonomi diserahkan pada mekanisme pasar.
Masyarakat Wajib Lapor Jika Angkutan Tak Turunkan Tarif


Ganjar memerintahkan semua Dinas Perhubungan kabupaten/kota di Jawa Tengah menginspeksi bus umum untuk memastikan tak ada yang nakal menaikkan tarif. Petugas harus mengambil sampel di sejumlah bus atau pun menanyakan langsung kepada para penumpang di terminal.


"Dishub di seluruh wilayah harus turun (meninjau). Harus ada
checking
(pemeriksaan). Lakukan
sampling
(pemeriksaan acak) sebagai antisipasi adanya kenaikan tarif bus ekonomi," kata Ganjar di sela peninjauan di Terminal Bulu Pitu, Purwokerto, Jawa Tengah, kemarin.


Selain itu, langkah antisipasi tatif nakal juga bisa dilakukan dengan menempel informasi tarif yang sesuai aturan di badan bus. Dengan begitu akan ketahuan dan mudah dilaporkan jika ada armada yang mematok tarif secara sepihak. Informasi yang sama juga mesti ditempel di setiap loket di terminal.


"Kroscek bus tentang bagaimana kelayakan, juga penting. Saya minta Dishub proaktif, jelang frekuensi arus mudik semakin meningkat," katanya.


Dalam peninjauan di Terminal Bulu Pitu, Gubernur sempat mengapresiasi kondisi terminal yang dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung. Ganjar memeriksa beberapa armada untuk memastikan laik jalan atau tidak.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya