Kapal Pengangkut Perompak MT Okrim Harmony Ditemukan

Kapal pengangkut perompak kapal berbendera Malaysia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Berton SIregar
VIVA.co.id
Polri: Uang Tebusan 10 WNI Hak Perusahaan
- Tim khusus Angkatan Laut, WFQR (Our Western Fleet Quick Response) di bawah Komando Armada RI Kawasan Barat berhasil menemukan sebuah kapal tanpa awak bernama TG Meulaboh di perairan Batam, Kepulauan Riau.

Kopassus: Pembebasan 10 WNI Tunggu Perintah Panglima TNI

Tanpa diduga, kapal yang ditemukan hampir dua pekan lalu itu, ternyata adalah milik para perompak yang membajak kapal Malaysia MT Orkim Harmony.
Perusahaan Siap Tebus 10 WNI yang Disandera Abu Sayyaf


"Setelah kita kembangkan, dan menyanyakan langsung ke delapan yang sudah diamankan terlebih dahulu di Vietnam, bahwa mereka mengaku kalau kapal TB Meulaboh adalah kapal yang dipergunakan untuk menaiki kapal rompakan bernama Mt Orkim Harmony" ujar Pangarmabar Laksamana Madya Taufiq di Batam, Selasa 30 Juni 2015.


Sejauh ini, diketahui dari 13 perompak yang menjadi buronan. Tinggal lima orang lagi yang masih belum ditemukan. Kelima orang ini diduga tidak ikut naik ke dalam kapal rompakan karena hanya sebagai pengantar atau bagian dari sindikat.


"Perampokan ini terdiri dari beberapa bagian tugas, ada eksekutor, ada penghantar, ada rekrutmen, dan ada
master mind
-nya, itu analisa saya" ujar Taufiq.


Kini, guna melacak keberadaan kelima pelaku tersebut, sudah melakukan pemeriksaan terhadap kapal, termasuk sidik jari, surat surat kapal.


"Siapa pemiliknya, dan sidik jari sedang kita kembangkan dengan pihak Polda Kepri, doakan segera kita dapati pelakunya, yang jelas aktornya sudah kita kantongi identitasnya," kata Taufik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya