Hutan Gambut Taman Nasional Berbak Kembali Terbakar

Penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro
VIVA.co.id
Kebakaran di Portugal, Nasib WNI Terus Dipantau
- Kawasan hutan gambut di Taman Nasional Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, kembali dilanda kebakaran. Belum diketahui persis penyebabnya, namun diduga ada aktivitas pembukaan lahan ilegal oleh masyarakat setempat.

Kebakaran Besar Melanda Portugal

Dari pantauan, api yang kini mulai merambat di kawasan gambut bagian dalam tersebut, telah berlangsung sejak subuh. Dan perlahan membesar akibat tiupan angin yang kencang di lokasi.
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?


Ratusan petugas kepolisian dan sejumlah anggota tim khusus pemadaman api, Manggala Agni, sudah berupaya melakukan pemadaman awal dan bersiaga.


"Sudah kami turunkan lebih dari 100 personel untuk melakukan pemadaman awal," ujar Kapolres Tanjung Jabung Timur AKBP Bambang Heri, Kamis 2 Juli 2015.


Saat ini, upaya pemadaman juga sudah dibantu oleh perusahaan perkebunan yang berada di dekat lokasi kebakaran. Sejumlah helikopter yang membawa bom air juga sudah diterjunkan.


"Kami perkirakan yang terbakar sudah lebih dari 100 hektare. Upaya pemadaman akan coba dimaksimalkan sembari menunggu bantuan lain," ujar Bambang.


Bayu Alfarizi/Jambi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya