Jadi Panglima TNI, Ini Program Kerja Jenderal Gatot

DEMONSTRASI LATIHAN TEMPUR TNI AD
Sumber :
  • Antara/Nova Wahyudi

VIVA.co.id - Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat, menyetujui Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI dan menyetujui pemberhentian Jenderal Moeldoko sebagai Panglima TNI.

Panglima TNI: Tantangan Terberat Indonesia Mulai Tahun 2043

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq yang membacakan laporan hasil fit and proper test calon Panglima TNI dan calon Kepala BIN. Menurutnya, Komisi I secara bulat menerima Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI.

Dalam pemaparan saat fit and proper test, Jenderal Gatot memaparkan visi dan misinya, termasuk berbagai program kerjanya. Program prioritas TNI yang dia canangkan adalah peningkatan kesejahteraan prajurit, pemeliharaan dan perawatan alutsista/ non alutsista, kesiapan operasional satuan, pendidikan dan latihan dalam rangka terwujudnya profesionalisme prajurit, dan pengamanan perbatasan negara dan pulau terluar.

Dengan kondisi global yang diperkirakan akan berubah drastis, dari penggunaan energi fosil ke energi nabati, Indonesia sebagai negara equator dengan potensi alam yang luas, akan menjadi sasaran dunia.

Sehingga, konflik seperti di Arab atau Arab Spring, bisa saja terjadi di Indonesia. Sebab, luas laut Indonesia hingga 5,8 juta km persegi, dan garis pantai terpanjang kedua di dunia 95.181 km persegi, menjadi ancaman serius kalau tidak dijaga.

"Tidak ada alternatif lain, kecuali fokus membangun kekuatan angkatan laut dan angkatan udara secara serentak dan sesegera mungkin agar mampu mengontrol mengawal, dan menjaga nusantara dengan memiliki keunggulan laut dan keunggulan udara," kata Jenderal Gatot.

Gatot juga menekankan, bahwa TNI harus terus bersama dengan rakyat. Karena ke depannya, kata Gatot, TNI harus berkoalisi dengan rakyat. "Rakyatlah ibu kandung TNI," katanya.

"NKRI harga mati. Tidak ada kompromi dalam hal menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI," tegas Gatot.

Syarat Panglima TNI Jadi Calon Kuat di Pilpres 2019
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Resep Panglima TNI untuk Raih Cita-cita Tinggi

Panglima TNI itu memberikan kuliah umum di depan mahasiswa UI.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016