Mensos Semangati Kontingen RI untuk Special Olympics di AS

Mensos Semangati Kontingen RI untuk Special Olympics di Amerika
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami
VIVA.co.id - Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, menyemangati kontingen Indonesia yang akan berlaga di Special Olympic World Games 2015 di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 25 Juli-2 Agustus 2015.
Mensos Sebut Porseka Bagian Revolusi Mental

Menteri secara khusus mengundang semua anggota kontingen yang disebut Special Olympics Indonesia (SOIna) itu untuk hari dalam ramah tamah atau open house di rumah dinasnya di Jakarta pada Jumat, 17 Juli 2015.
Mensos Heran Peredaran Narkoba Kian Marak di Madura

"Mereka ini akan berlaga tanggal 21 Juli lusa akan berangkat ke Los Angeles. Mereka akan berangkat mengikuti Special Olimpic Internasional di Summer Games," kata Menteri.
Reaksi Kocak Kapolda Jatim Namanya Masuk Survei Pilkada

Special Olympics adalah organisasi untuk penyandang disabilitas intelektual atau tunagrahita. SOIna merupakan organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olah raga bagi penderita tunagrahita di Indonesia.

Assistant Head of Delegation SOIna, Slamet Sukriadi, menjelaskan bahwa dalam kontingan Indonesia meraih 15 emas, 13 perak, 11 perunggu dalam Special Olympic World Games di Athena, Yunani, pada tahun 2011.

Target pada Special Olympic World Games di Los Angeles harus melebihi prestasi yang dicapai di Athena.

“Kita berupaya untuk mengulang itu, kita ingin melebihi itu saja dulu pada kompetisi ini," kata Slamet.

Ada tujuh cabang olah raga yang telah dibina, yaitu atletik, bulu tangkis, tenis meja, sepak bola, bola basket, renang, dan bocce. Indonesia telah bergabung menjadi anggota Special Olympics ke-79 pada 9 Agustus 1989. Hingga tahun 2011, SOIna telah menjaring 55.000 atlet yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

Special Olympic World Games memperlombakan atau mempertanndingkan 25 cabang olah raga, di antaranya aquatics, atletik, bulutangkis, basket, bocce, bowling, bersepeda, berkuda, sepak bola, golf, senam, half maraton, handball, judo, kayak, open water swimming, powerlifting, roller skating, sailing, softball, tenis meja, tenis, triathlon, voli, dan voli pantai.

Perlombaan dan pertandingan itu akan menampilkan potensi yang tak terbatas dari orang-orang dengan berkebutuhan khusus. Terdapat 42 atlet kontingen Indonesia yang akan berangkat pada Special Olympic World Games di Los Angeles. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya