Abu Gunung Gamalama Kembali Ganggu Penerbangan Sabtu

Gunung Gamalama
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abdul Fatah

VIVA.co.id - Gunung Gamalama di Maluku Utara terpantau masih mengeluarkan abu siang ini, Sabtu 18 Juli 2015. Oleh sebab itu sejumlah rute penerbangan dari dan ke Ternate dilaporkan masih menggalami gangguan.

Letusan gunung Gamalama membuat Bandara Sultan Babullah, Ternate, tidak beroperasi sejak Kamis, 16 Juli lalu. Hari ini, berdasarkan Notam C0574/15, aktivitas Bandara Sultan Baabullah Ternate masih ditutup hingga pukul 17.00 waktu setempat .
 
"Diperkirakan masih ditutup namun apabila cuaca menunjukkan perbaikan bisa jadi aktivitas akan dibuka lebih awal,” ujar Ketua Harian Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2015 shift 1, Yudhi Sari Sitompul, Sabtu 18 Juli 2015.

Yudhi juga menambahkan, kondisi abu vulkanik Gunung Gamalama yang masih menyebar menyebabkan sejumlah rute penerbangan terganggu seperti rute dari dan ke Cengkareng-Ternate. Maskapai penerbangan yang mengalami gangguan tersebut yaitu Batik Air, Garuda Indonesia, dan Sriwijaya Airlines.

Lalu rute lainnya yang mengalami gangguan yaitu dari dan ke Ternate - Ujung Pandang. Maskapai penerbangan yang mengalami gangguan yaitu Batik Air, Garuda Indonesia, dan Sriwijaya Airlines.

Rute Ternate - Ambon juga mengalami gangguan. Maskapai yang rutenya terganggu adalah dua rute Sriwijaya Airlines, Garuda Indonesia, dan travel Express.

Selanjutnya untuk rute dari dan ke Manado - Ternate juga mengalami gangguan. Maskapai penerbangan Wings Abadi, Garuda Indonesia, dan Sriwijaya Airlines juga terkena dampak erupsi Gamalama.

Untuk rute dari dari dan ke Ternate - Wangiwangi hanya satu maskapai penerbangan yang terganggu yaitu Wings Abadi. Lalu rute dari dan ke Surabaya - Ternate juga hanya Sriwijaya Airlines.

Terakhir untuk rute dari dan ke Ternate - Labuha dan Ternate - Sasana juga hanya satu maskapai penerbangan yaitu Travel Express. (ren)

Erupsi Gamalama Mereda, Bandara di Ternate Mulai Beroperasi

Laporan: Dianty Windayanti

Gunung Dukono Halmahera Utara

Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang

Penutupan akibat adanya erupsi Gunung Dukono di Halmahera Utara.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016